Pengaruh program boarding school terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab MAN 1 Kota Semarang

Umami, Najibul (2020) Pengaruh program boarding school terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab MAN 1 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036112_Najibul Umam_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1603036112_Najibul Umam_lengkap)
1603036112_Najibul Umami_Full Skripsi - jibul umam(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Boarding school merupakan suatu tempat dimana di dalamnya terdapat asrama sebagai tempat tinggal para peserta didik selama masa studi. Sesungguhnya term boarding school bukan sesuatu yang baru dalam konteks pendidikan di Indonesia. Karena sudah sejak lama lembaga pendidikan menghadirkan konsep pendidikan boarding school yang diberi nama “pondok pesantren”. Beberapa permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan seperti banyaknya peserta didik yang bergaul secara bebas dan kenakalan remaja lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari program boarding school terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI dan bahasa arab di MAN 1 Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa boarding school berjumlah 50 siswa. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan sampling total yaitu dengan menjadikan seluruh populasi menjadi sampel dengan catatan populasi dibawah 100. Pengumpulan data dilakukan dengan angket (kuisioner) dan dokumentasi. Dikarenakan penelitian ini terdiri dari satu variabel independen (X) dan dua variabel dependen (Y) Analisis data menggunakan analisis regresis sederhana, korelasi product moment, kemudian dilanjutkan dengan uji determinais, uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukan pengaruh boarding school terhadap prestasi belajar siswa mapel PAI hasil uji T 1,285 < 2,01063, dan hasil uji F 1,65 < 4,04. Sedangkan pengaruh boarding school terhadap prestasi belajar siswa mapel bahasa arab hasil uji T 1,048 < 2,01063, dan hasil uji F 1,098 < 4,04. Artinya Ha ditolak, tidak terdapat pengaruh antara program boarding school terhadap prestasi belajar siswa mapel PAI dan bahasa arab di MAN 1 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Boarding school; Prestasi belajar; PAI; Bahasa arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Jun 2021 07:50
Last Modified: 03 Jun 2021 07:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12964

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics