Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Tahun 2011
Yusmanto, Yusmanto (2012) Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Tahun 2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
0893911091_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (252kB) | Preview
0893911091_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (40kB) | Preview
0893911091_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (125kB) | Preview
0893911091_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (77kB) | Preview
0893911091_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (73kB) | Preview
0893911091_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
0893911091_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh mempelajari fiqih, bukan sekedar teori yang berarti tentang ilmu yang jelas pembelajaran yang bersifat amaliah, harus mengandung unsur teori dan praktek. Proses pembelajaran yang mengarah pada pembentukan keaktifan peserta didik harus dilakukan oleh guru fiqih, salah satu strategi yang bisa dilakukan oleh guru fiqih di MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu tahun 2011 pembelajaran yang merupakan kesatuan sumber kumpulan strategi-strategi pembelajaran yang komprehensif yang mengarah pada pembelajaran aktif.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: adakah pengaruh positif keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VI MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu tahun 2011?
Penelitian ini adalah penelitian korelasional terhadap analisis regresi satu prediktor. Subyek penelitian sebanyak 27 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen quesioner. Data penelitian yang terkumpul dianalisis terhadap menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata variabel menunjukkan keaktifan siswa Kelas VI MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Tahun 2011 berada dalam kategori cukup adalah berada dalam interval 65 - 67. Sedangkan prestasi belajar fiqih siswa kelas VI MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Tahun 2011 berada dalam kategori cukup terhadap rata-rata adalah 82,370. Sesuai terhadap tabel di atas, angket tersebut berada dalam interval 62. Kemudian dari analisis uji hipotesis diketahui, ada pengaruh positif keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VI MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Tahun 2011. Hal ini ditunjukkan dari rt 5% (0.381) < rxy (0.54208) > rt 1% (0.487) maka data tersebut signifikan, Hipotesis yang menyatakan ada bahwa ada pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VI MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Tahun 2011
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelajaran Fiqih; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 06:06 |
Last Modified: | 09 Jan 2014 06:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year