Manajeman penghimpunan zakat pertanian di Baznas Kabupaten Kebumen

Indahwati, Wiji (2020) Manajeman penghimpunan zakat pertanian di Baznas Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_WIJIJ INDAHWATI_1601036040]
Preview
Text (SKRIPSI_WIJIJ INDAHWATI_1601036040)
1601036040_WIJI INDAHWATI_FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

BAZ merupakan lembaga yang didirikan oleh pemerintah untuk menghimpun dana zakat, infaq, sadaqah kepada masyarakat. BAZ merupakan salah satu wadah yang potensial dan strategis bagi umat Islam, tidak hanya dalam bidang ekonomi tetapi juga sosial, pendidikan, dan keagamaan. Dalam upaya menjadi fasilitator masyarakat dibidang penghimpuan dana zakat, infaq, dan sadaqah. BAZ mendirikan Badan Amil Zakat Nasional dimasing-masing daerah di Indonesia salah satunya di Kabupaten Kebumen yang salah satu tugasnya menghimpun zakat pertanian dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui manajeman penghimpunan zakat pertanian di BAZNAS Kabupaten Kebumen. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menghimpun zakat pertanian di BAZNAS Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan deskriptif analisis. Adapun metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari BAZNAS Kabupaten Kebumen. Hasil dari penelitian Manajeman Penghimpunan Zakat Pertanian Di BAZNAS Kabupaten Kebumen yaitu: 1). Pengaplikasian fungsi manajeman penghimpunan zakat pertanian di BAZNAS Kabupaten Kebumen secara keseluruhan sudah baik, dimulai dari tahap perencanaan terwujud dengan adanya perkiraan dan perhitungan masa depan, penentuan masalah dan metode, penentuan program, biaya, waktu, lokasi dan menjadi fokus BAZNAS Kabupaten Kebumen untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dalam aspek pengorganisasian adanya kerja sama dan pembagian tugas antar bidang masing-masing misalnya Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Administrasi Sumber Daya Manusia dan Umum bekerja sama dengan Pelaksana Administrasi dan Pengumpulan. Kemudian dalam aspek penggerakan memiliki peran penting dalam proses penghimpunan yaitu dengan adanya Bimbingan teknologi (BIMTEK), komunikasi baik langsung/kelompok dan tidak langsung, serta pengambilan keputusan yang baik ketua dan antarpengurus, maupun antarpengurus BAZNAS dan UPZ Desa. Dan dalam tahap pengawasan, BAZNAS Kabupaten Kebumen melakukan evaluasi secara berkala yaitu mingguan, bulanan dan tahunan dan juga disertai audit internal. 2). Faktor pendukung dan penghambat dalam menghimpun zakat pertanian di BAZNAS Kabupaten Kebumen meliputi: faktor pendukung yaitu adanya kerja sama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Desa dan beberapa lembaga perbankan di wilayah Kebumen, adanya kesadaran muzaki untuk berzakat, sistem keuangan yang transparan dan manajeman pengelolaan yang baik, keadaan geografis Kabupaten Kebumen yang memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Kemudian faktor penghambat dalam menghimpun zakat pertanian meliputi: keterbatasan jumlah dan pengetahuan sumber daya manusia, belum banyak bekerja sama dengan berbagai perusahaan atau lembaga, sosialisasi yang kurang efektif, lemahnya sanksi bagi yang tidak membayar zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; Infak; Shadaqah; Zakat Mal; Zakat Pertanian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 05 Jun 2021 02:11
Last Modified: 05 Jun 2021 02:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics