Efektivitas pembelajaran daring strategi PQ4R terhadap hasil belajar materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW di Madinah kelas X di SMAN 2 Mranggen Demak

Fita, Hidayatul (2020) Efektivitas pembelajaran daring strategi PQ4R terhadap hasil belajar materi meneladani perjuangan Rasulullah SAW di Madinah kelas X di SMAN 2 Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016029_HIDAYATUL_FITA]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016029_HIDAYATUL_FITA)
1603016029_Hidayatul Fita_Full Skripsi - Hidayatul Fita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, apakah efektif pembelajaran daring strategi PQ4R (variabel X) terhadap hasil belajar siswa materi Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Madinah Kelas X di SMAN 2 Mranggen Demak (variabel Y).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode tes dan metode dokumentasi. Dengan jumlah sampel 71 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan strategi PQ4R dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji signifikansi. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh t_hitung = 3,112 sedangkan t_tabel = 1,6672. Karena t_hitung > t_tabel , maka berarti rata-rata hasil belajar pembelajaran daring strategi PQ4R materi Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Madinah lebih baik daripada pembelajaran daring metode konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80,778 dan kelompok kontrol = 76,686, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi PQ4R untuk hasil belajar materi Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Madinah Kelas X di SMAN 2 Mranggen Demak dengan tingkat kefektifannya 56% dan tergolong cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Preview; question; read; reflect; recite; review
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jun 2021 03:06
Last Modified: 03 Jul 2021 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13011

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics