Pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation berbantu media flip chart terhadap kemampuan berpikir kritis IPS pada siswa kelas IV di MI Al-khoiriyyah 01 Semarang tahun ajaran 2019/2020

Febriani, Abida Rahma (2020) Pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation berbantu media flip chart terhadap kemampuan berpikir kritis IPS pada siswa kelas IV di MI Al-khoiriyyah 01 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096071_Abida_Rahma_Febriani]
Preview
Text (Skripsi_1603096071_Abida_Rahma_Febriani)
Skripsi_1603096071_Abida Rahma Febriani.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS siswa masih belum dapat mengemukakan ide dan pendapatnya sendiri, ketika berlangsungnya diskusi hanya beberapa siswa yang aktif melakukan diskusi, penyebabnya guru masih terbatas saat menggunakan media pembelajaran, serta masih menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan kejenuhan saat berlangsungnya proses pembelajaran imbasnya siswa tidak terlatih untuk berpikir kritis saat guru menyajikan suatu permasalahan dalam materi IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MI Al-khoiriyyah 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh populasi kelas, yaitu : kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol.
Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikansi=5% diperoleh thitung = 3,97 sedangkan ttabel = 2,045. Karena thitung> ttabel maka Ho ditak dan Ha diterima yang berarti berpikir kritis IPS siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai eksperimen = 76 dan kelas kontrol = 58.05882, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh berpiki kritis siswa yang diberikan pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Al-Khoiriyyah 01 Semarang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Media pembelajaran; Group investigation; Media Flip Chart; Kemampuan Berpikir Kritis; Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 09 Jun 2021 08:05
Last Modified: 09 Jun 2021 08:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13027

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics