Peran pelayanan panti dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia non potensial : studi di panti pelayanan sosial lanjut usia “Cepiring” Kendal

Naajib, M. Abdul (2020) Peran pelayanan panti dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia non potensial : studi di panti pelayanan sosial lanjut usia “Cepiring” Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1506026025_M_Abdul_Naajib]
Preview
Text (Skripsi_1506026025_M_Abdul_Naajib)
1506026025_M. Abdul Naajib_Full Skripsi - Naajib abdul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat populasi penduduk lanjut usia di Provinsi Jawa Tengah yang mengalami peningkatan secara signifikan. Meningkatnya populasi penduduk lanjut usia di Jawa Tengah, mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan, yakni munculnya stigma negatif masyarakat tentang adanya lanjut usia non potensial dan munculnya berbagai perundungan terhadap lanjut usia non potensial. Bentuk usaha pemerintah mendirikan Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia “Cepiring” Kendal bertujuan guna memberikan perlindungan sosial kepada lanjut usia non potensial, agar dapat mencapai taraf hidup yang wajar dan sejahtera. Sehingga dapat diketahui bahwa Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia “Cepiring” Kendal memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia non potensial. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pelayanan panti dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia non potensial, faktor apa saja yang mempengaruhi progam pelayanan, dan bagaimana respon lanjut usia non potensial terhadap pelayanan panti.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif analisis, dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena dan menganalisis fakta lapangan yang dikaitkan dengan teori. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis fungsionalisme struktural sebagai kerangka teori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia “Cepiring” Kendal memiliki fungsi yaitu memberikan pelayanan jaminan pemenuhan kebutuhan hidup dan perawatan sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan lanjut usia non potensial. Pelayanan kesejahteraan yang diberikan panti berupa tahap penerimaan, pelayanan advokasi sosial, pelayanan kebutuhan dasar, pelayanan kesehatan, pelayanan bimbingan, dan pelayanan terminasi. Dalam memberikan pelayanan tersebut, petugas panti memiliki peran sebagai pemberi informasi, motivator, advocate, broker, mediator, consultant, coordinator, pendamping, expert, educator, dan public speaker. Ada beberapa faktor penghambat yang mempengaruhi pelayanan kesejahteraan yang diberikan panti yakni terbatasnya anggaran dana dari pemerintah daerah, sarana prasarana yang kurang mendukung, kualitas kuantitas sumber daya manusianya yang kurang mendukung, dan karakteristik lanjut usia nakal yang susah diatur. Adapun faktor pendukungnya terdapat pada integritas sumber daya manusianya, dan sarana prasarana yang ada dapat termasimalkan dengan baik. Respon lanjut usia non potensial menunjukkan bahwa progam pelayanan kesejahteraan yang diberikan panti sudah terealisasikan. Tetapi hanya ada beberapa progam pelayanan yang perlu penyesuaian terhadap kondisi lanjut usia non potensial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan sosial; Kesejahteraan; Lanjut usia non potensial; Panti sosial
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 11 Jun 2021 01:58
Last Modified: 11 Jun 2021 01:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics