Pengaruh penggunaan media big book tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III MI Nashrul Fajar Semarang

Ulya, Durrotul (2020) Pengaruh penggunaan media big book tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III MI Nashrul Fajar Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096119_Durrotul_Ulya]
Preview
Text (Skripsi_1603096119_Durrotul_Ulya)
Skripsi_1603096119_Durrotul Ulya.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media big book tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MI Nashrul Fajar Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk true experimental. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes lisan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa.
Analisis data menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai membaca Al-Qur’an kelas eksperimen adalah 65,00 dan rata-rata nilai membaca Al-Qur’an kelas kontrol adalah 43,10. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa jumlah total nilai Pre-Test siswa pada kelas eksperimen adalah 1139 dan total nilai Post-test sejumlah 1950. Sedangkan jumlah total nilai Pre-Test siswa pada kelas kontrol adalah 1136 dan total nilai Post-test sejumlah 1293. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an kelas eksperimen lebih meningkat daripada kelas kontrol.
Berdasarkan uji perbedaan rata-rata satu pihak kanan diperoleh t_hitung= 9,311 dan t_tabel = 1,671. Kriteria pengujian H_0 diterima jika t_hitung<t_tabel. Karena pada penelitian ini ini t_hitung>t_tabel maka H_0ditolak dan H_1diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran big book tajwid berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MI Nashrul Fajar Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Big Book Tajwid; Kemampuan membaca Al-Qur’an; Al-Qur’an Hadits; Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:32
Last Modified: 11 Jun 2021 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13047

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics