Analisis pengaruh persepsi kemudahan, kepercayaan dan keamanan terhadap minat menggunakan e-banking pada bank umum syariah : studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang

Aina, Maya Qorri (2020) Analisis pengaruh persepsi kemudahan, kepercayaan dan keamanan terhadap minat menggunakan e-banking pada bank umum syariah : studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026197_Maya qorri aina_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705026197_Maya qorri aina_lengkap)
1705026197_Maya Qorri Aina_Full Skripsi - maya qorri aina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut industri perbankan memiliki keunggulan kompetitif. Teknologi e-banking merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan bank syariah kepada nasabahnya. Dengan teknologi informasi ini nasabah dapat melakukan transaksi darimana dan kapan saja dengan cepat dan mudah. Penilitian ini didasarkan pada permasalahan mengenai kurangnya minat mahasiwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo dalam menggunakan e-banking pada bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, kepercayaan dan keamanan terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo dalam menggunakan e-banking pada bank syariah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh angkatan 2015-2017 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling yaitu sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Sampel yang diambil sebanyak 100 mahasiswa. Pengujian dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 23.0.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kemudahan berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat mahasiswa FEBI UIN Walisongo menggunakan e-banking bank syariah dibuktikan dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000< 0,05. Sedangkan variabel kepercayaan tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat mahasiswa FEBI UIN Walisongo menggunakan e-banking bank syariah dibuktikan dengan nilai signifikasi sebesar 0,360> 0.05. Dan variabel keamanan berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat mahasiswa FEBI UIN Walisongo menggunakan e-banking bank syariah dibuktikan dengan nilai signifikasi sebesar 0,004< 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Layanan; Kemudahan; Kepercayaan; Keamanan, Minat e-banking; Mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Jun 2021 07:16
Last Modified: 27 Oct 2022 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics