Konstruksi pesan komunikasi pada program opsi episode “Politik di Balik Dakwah” di Metro TV

Octaviani, Adelia (2020) Konstruksi pesan komunikasi pada program opsi episode “Politik di Balik Dakwah” di Metro TV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601026134_ADELIA_OCTAVIANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1601026134_ADELIA_OCTAVIANI)
SKRIPSI_1601026134_ADELIA_OCTAVIANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (898kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul Konstruksi Pesan Komunikasi Program OPSI Episode “Politik Di Balik Dakwah” Di Metro Tv merupakan penelitian yang menjabarkan tentang pesan dan konstruksi pesan pada sebuah tayangan yang memiliki pengaruh sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Pesan dan konstruksi pesan yang disajikan oleh media membentuk cara masyarakat memandang peristiwa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian ini merupakan penelitian metode analisis framing yang dalam analisis datanya merupakan penyajian realitas dimana kebenaran tentang suatu kejadian tidak diingkari secara total, melainkan dibelokkan secara halus, dengan memberikan penonjolan terhadap aspek-aspek tertentu. Dengan kata lain bagaimana realitas dibingkai, dikonstruksi dan dimaknai oleh media.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana bagaimana konstruksi pesan dalam program OPSI episode “Politik di Balik Dakwah” di Metro Tv. Metode penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa video tayangan, kemudian catatan tertulis melalui perekaman video/audio tapes. Pencatatan sumber data utama melalui pengamatan dokumentasi, serta data sekunder berupa tambahan data yang berasal dari sumber tertulis seperti buku, majalah ilmiah, sumber dan arsip, dokumen pribadi, atau bahkan dokumen resmi, skripsi, jurnal dan situs-situs yang berhubungan dengan penelitian.
Hasil penelitian ini yaitu konstruksi pesan dalam tayangan tersebut adalah, pertama episode tayangan “Politik di Balik Dakwah” telah mengkerangkai beberapa peristiwa yang dibicarakan sebagai politik di balik dakwah dan politisasi agama. Kedua, sumber masalah dari politisasi agama itu adalah praktik dakwah yang tidak sesuai dengan prinsip dakwah yang sesungguhnya. Ketiga, tayangan ini telah mendelegitimasi praktik politisasi agama. Keempat, upaya yang harus dilakukan sebagai treatmen atau rekomendasi dan saran adalah agama harus dikembalikan kepada esesninya, agama jangan ditarik kedalam politik praktis supaya kehidupan keagamaan agama harus betul betul dalam rangka untuk menjaga harkat martabat manusia, berdakwah dilakukan dalam rangka memprekuat ukhuwah bukan memecah belah, selaraskan kehidupan politik dan agama dalam rangka mewujudkan kemaslahan bersama

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan; Konstruksi pesan; Dakwah; Politik; Program televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:54
Last Modified: 26 Jun 2021 03:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13106

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics