Model pendidikan akhlak di kuttab Al-Fatih Semarang

Pamungkas, Sandi Adi (2020) Model pendidikan akhlak di kuttab Al-Fatih Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016152_SANDI_ADI_PAMUNGKAS]
Preview
Text (SKRIPSI_1603016152_SANDI_ADI_PAMUNGKAS)
1603016152_Sandi Adi P_Lengkap Tugas Akhir - sandii warhol.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana model pendidikan akhlak di Kuttab al-Fatih Semarang dengan maksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana model pendidikan akhlak di Kuttab al-Fatih Semarang? (2) Apa saja kelebihan model pendidikan akhlak di Kuttab al-Fatih Semarang?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research)yang bersifat deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam melihat keabsahan data peneliti menggunakan cara triangulasi dan untuk analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa: model pendidikan akhlak di Kuttab al-Fatih Semarang merupakan model pendidikan akhlak terpadu, hal ini dilihat dari beberapa upaya yang meliputi penggunaan materi dan metode yang merujuk pada penanaman akhlak pada peserta didik.Adapun kelebihan model pendidikan akhlak di Kuttab al Fatih adalah pendidikan yang sudah berbasis akhlak bahkan dalam kurikulumnya itu sendiri dan adanya bentuk integrasi orang tua serta lingkungan yang memadai demi tercapainya pendidikan akhlak. Sedangkan kekurangannya berupa materi pembelajaran yang masih kurang lengkap, dan cara mengajar guru yang kurang menggunakan variasi dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak; Kuttab; Kurikulum
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:26
Last Modified: 14 Jun 2021 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13130

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics