Jual beli alat bantu seksual di toko Qiang Seng Kota Semarang dalam prespektif hukum Islam

Sucipto, Ganang Ade (2020) Jual beli alat bantu seksual di toko Qiang Seng Kota Semarang dalam prespektif hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602036100_Ganang Ade Sucipto_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1602036100_Ganang Ade Sucipto_Lengkap)
1602036100_Ganang Ade Sucipto_FULL SKRIPSI - ganang ade.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jual beli adalah salah satu akad yang sering digunakan masyarakat Indonesia untuk medapatkan sesuatu yang di inginkan. Jual beli memiliki tujuan yang dimana masyarakat dapat memiliki benda atau barang yang dinginkanya dengan cara yang satu menerima benda-benda dan pihak lain menerimanya sesuai dengan perjanjian atau ketentuan yang telah dibenarkan syara‟dan disepakati. Kegitan jual beli sudah menjadi hal yang lazim yang dialakukan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan sesuatu atau barang yang di inginkan. Di era yang serba berkemajuan ini, dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi mampu memberikan alternatif dan kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli. barang dan jasa yang ditawarkanpun beraneka ragam, baik barang kebutuhan sehari – hari, barang unik, maupun berbagai jenis jasa. Seperti halnya jual beli alat bantu seksual yang dilakukan oleh masyarakat Kota Semarang. Dalam pelaksanaan jual beli tersebut terdapat kejanggalan mengenai hukum menjual alat bantu seksual tersebut. Oleh karena itu perlu ditinjau lebih mendalam lagi terkait bagaimana jual beli alat bantu seksual di Toko Qiang Seng kota Semarang dalam perspektif hukum Islam.
Skripsi dengan judul “Jual Beli Alat Bantu Seksual di Toko Qiang Seng Kota Semarang Dalam Perspektif Hukum Islam” ini bertujuan untuk mengetahui pandangan hukum positif maupun hukum Islam terhadap praktik jual beli alat bantu seksual di toko Qiang Seng kota Semarang.
Jenis penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan) obyek penelitian alat bantu seksual di toko Qiang Seng kota Semarang. Sumber data primer berupa data tentang pelaksanaan jual beli alat bantu seksual. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif- analitis yang merupakan metode untuk menggambarkan suatu peristiwa atau keadaan yang ada, selanjutkan dianalisis untuk mendapatkan sebuah kesimpulan.
viii

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan jual beli alat bantu seksual di toko Qiang Seng kota Semarang dipandang sah sesuai dengan ketentuan hukum positif. Hal ini berdasarkan transaksi tersebut sudah memenuhi syarat jual beli yang diatur dalam kitab undang-undang hukum perdata (KUHPerdata). Sedangkan dalam pandangan hukum Islam pelaksaan jual beli alat bantu seksual di toko Qiang Seng kota Semarang terdapat dua pandangan: pertama, jual beli alat bantu seksual hukumnya batil karena obyek yang dijadikan transaksi digunakan untuk onani, dimana menurut ulama Syafi‟iyah, Malikiyah dan Zaidiyah onani merupakan perbuatan yang dilarang syariat, sehingga tidak memenuhi salah satu syarat sah jual beli. Kedua, jual beli alat bantu seksual hukumnya sahih. Hal tersebut berdasarkan pendapat ulama hanafiyah yang mengatakan bahwa onani hukumnya tidak haram secara mutlak. Dengan demikian jual beli alat bantu seksual yang digunakan untuk onani sudah memenuhi syarat dan rukun jual beli sesuai dengan ketentuan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Alat bantu seksual; Hukum Islam; Jual Beli
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Jul 2021 13:32
Last Modified: 14 Jul 2021 13:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13158

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics