Pengaruh pengetahuan akuntansi, jiwa kewirausahaan, dan norma subyektif terhadap penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi : studi kasus pada pelaku UMKM Kabupaten Gunungkidul

Pratiwi, Reza Adellya (2020) Pengaruh pengetahuan akuntansi, jiwa kewirausahaan, dan norma subyektif terhadap penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi : studi kasus pada pelaku UMKM Kabupaten Gunungkidul. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605046089_Reza Adellya Pratiwi_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605046089_Reza Adellya Pratiwi_lengkap)
1605046089_REZA ADELLYA PRATIWI_Lengkap Tugas Akhir - Reza Adellya Pratiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh pengetahuan akuntansi, (2) jiwa kewirausahaan, dan (3) norma subyektif terhadap penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi pelaku UMKM Kabupaten Gunungkidul.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu puposive sampling. Data yang didapat dalam penelitian ini kemudian diolah menggunakan program SPSS. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 Februari – 20 Maret 2020. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pelaku UMKM Kabupaten Gunungkidul yang sudah menggunakan pencatatan akuntansi. Peneliti mengambil sampel sebanyak 60 responden.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) pengetahuan akuntansi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi pelaku UMKM Kabupaten Gunungkidul dengan nilai t hitung sebesar 2,326 > t tabel 0,67964 dan tingkat sig. 0,024. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan pengetahuan akuntansi yang baik maka akan mendorong pelaku UMKM untuk menggunakan informasi akuntansi yang dimiliki untuk dijadikan sebagai alat analisis dalam pertimbangan pengambilan keputusan investasi yang dilakukan. (2) jiwa kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi pelaku UMKM Kabupaten Gunungkidul dengan nilai t hitung sebesar 2,018 > t tabel 0,67964 dan tingkat sig. 0,049. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi jiwa kewirausahaan yang dimiliki maka akan semakin mendorong pelaku UMKM untuk menggunakan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi yang dilakukan dalam mengembangkan usaha yang dimiliki sebagai alat untuk mengetahui kondisi keuangan usahanya. (3) norma subyektif tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi pelaku UMKM Kabupaten Gunungkidul dengan nilai t hitung sebesar 0,153 < t tabel 0,67964 dan tingkat sig. 0,879. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan investasi hanya dapat diputuskan oleh pemilik dan manajer usaha tanpa adanya pengaruh dari pihak lain (eksternal).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan; Akuntansi; Kewirausahaan; Norma subyektif; Investasi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 06 Sep 2021 05:01
Last Modified: 06 Sep 2021 05:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13229

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics