Pengaruh promosi dan brand image terhadap minat masyarakat untuk menggunakan produk pembiayaan mikro BRI Syariah : studi kasus pengusaha UMKM daerah Weleri

Wahyuni, Novia Sri (2020) Pengaruh promosi dan brand image terhadap minat masyarakat untuk menggunakan produk pembiayaan mikro BRI Syariah : studi kasus pengusaha UMKM daerah Weleri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605036104_NOVIA SRI WAHYUNI]
Preview
Text (SKRIPSI_1605036104_NOVIA SRI WAHYUNI)
SKRIPSI_1605036104_NOVIA SRI WAHYUNI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia sangat pesat sering dengan perkembangan jumlah pembiayaan yang diberikan kepada pengusaha UMKM sebagai salah satu target pembiayaan mikro. Namun seiring dengan perkembangan keduanya target pembiayaan BRI Syariah belum mencapai angka yang ditargetkan meskipun setiap tahunnya jumlah pembiayaan mengalami peningkatan.apakah kurangnya promosi dari pihak terkait atau ada penyebab lainnya.
Dilakukan riset ini guna melihat pengaruh promosi dan brand image terhadap minat masyarakat untuk menggunakan produk pembiayaan mikro BRI Syariah, dengan studi kasus pengusaha UMKM daerah Weleri.penelitiann ini menggunakan dua variabel independen dari promosi Yaitu promosi menggunakan media,promosi penjualan, mengikuti kegiatan sosial (publitas),penjualan langsung (tatap muka). Dan brand image yaitu citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden dengan menggunakan accidental sampling. Metode analisis menggunakan metode kuantitatif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ialah promosi memiliki pengaruh positif terhadap minat untuk menggunakan produk sebesar 63,6% berdasarkan nilai beta sebesar 0,636, sedangkan brand image berpengaruh negatif terhadap minat untuk menggunakan produk pembiayaan mikro sebesar -18,1% berdasarkan nilai beta -0.181.Dan dari uji simultan (R²) promosi dan brand imae berpengaruh sebesar 0,257 setara 25,7%.

The development of UMKM in Indonesia is very rapid, often with the development of the amount of funding provided to UMKM entrepreneurs as one of the microfinance targets. But along with the development of both BRI Syariah financing targets have not reached the targeted figure even though each year the amount of financing has increased. Is there a lack of promotion from related parties or are there other causes.
Thisresearch was conducted to see the effect of promotion and brand image on the public interest in using islamic micro-financing products , with a case study of SME entrepreneurs in the Weleri area. This study uses two independent variables of promotion, namely promotion using media, sales promotion, following social activities (publicity). ), direct sales (face to face). And brand image is the image of the maker, user image, and product image. The sample in this study was 96 respondents using accidental sampling. The analytical method uses quantitative methods and multiple linear regression analysis.
The results of the study are promotion has a positive influence on interest in using products by 63.6% based on a beta value of 0.636, while brand image has a negative effect on interest in using microfinance products by -18.1% based on beta values of -0.181. And from Simultaneous test (R²) promotion and brand image influence by 0.257 equivalent to 25.7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi; Brand image; Minat; Produk; Pembiayaan mikro; Bank syariah; UMKM
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 06 Sep 2021 13:18
Last Modified: 06 Sep 2021 13:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13252

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics