Ambarsari, Livia (2020) Analisis penerapan good corpotate governance pada sistem pelaporan keuangan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605046071_Livia Ambarsari_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605046071_Livia Ambarsari_lengkap)
1605046071_Livia Ambarsari_Full Skripsi - Livia Ambarsari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (818kB) | Preview

Abstract

Good Corporate Governace (GCG) adalah suatu sistem untuk mengelola sebuah organisasi yang dapat dibuat pola kerja yang baik di manajemen. GCG memiliki lima prinsip yang terdiri dari Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Independen dan Keadilan. Penerapan GCG pada suatu lembaga pengelola zakat merupakan salah satu upaya untuk manajemen yang baik dengan tujuan mendorong pengelolaan zakat yang transparan dan akuntabel. Selain itu, penerapan GCG juga dapat memberikan manfaat bagi lembaga pengelolaan zakat yaitu dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk membayar zakat pada lembaga pengelola zakat atau BAZNAS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan GCG pada sistem pelaporan keuangan BAZNAS Kabupaten Kebumen.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari tiga informan dari pihak BAZNAS Kabupaten Kebumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan informan dan data sekunder yang diperoleh dari data internal lembaga, laporan keuangan dan beberapa studi pustaka.
Hasil menunjukkan bahwa BAZNAS Kabupaten Kebumen secara tidak langsung sudah cukup baik dalam menerapkan Good Corporate Governance dalam pengelolaan zakat dan sistem pelaporan keuangan dengan prinsip yang terdiri dari Transparansi, Akuntabilitas, Tanggung Jawab, Independen dan Keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Good corporate governance; Pelaporan keuangan; Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:36
Last Modified: 09 Sep 2021 04:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13256

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics