Analisis SWOT financial technology (fintech) pada perbankan syariah di Indonesia : studi pada BRI Syariah KC Semarang

Fahmadani, Firda Amalia (2020) Analisis SWOT financial technology (fintech) pada perbankan syariah di Indonesia : studi pada BRI Syariah KC Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605036106_FIRDA AMALIA FAHMADANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1605036106_FIRDA AMALIA FAHMADANI)
SKRIPSI_1605036106_FIRDA AMALIA FAHMADANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Financial technology merupakan layanan keuangan yang berbasis dan menggunakan teknologi sebagai media utama dengan tujuan untuk membantu mempermudah masyarakat dalam bertransaksi, fintech mendorong sektor perbankan untuk menyesuaikan dan beradaptasi dalam menghadapi era teknologi yang semakin mengalami perkembangan, begitupula dengan perbankan syariah yang mau tidak mau harus senantiasa tanggap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strength, weakness, opportunity dan threat financial technology pada perbankan syariah di Indonesia dengan mengambil sampel pada BRI syariah KC Semarang dan hasil akhirnya akan diketahui strategi yang tepat untuk melakukan perbaikan sistem dan layanan dan antisipasi hal-hal yang tidak diharapkan berhubungan dengan adanya fintech pada BRI Syariah KC Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, sumber data primer yaitu informasi yang bersumber dari wawancara kepada saudari Ayunda Matful Lail selaku costumer service BRI syariah KC Semarang, sedangkan sumber sekunder yaitu data yang dokumentasi atau pustaka untuk melengkapi data-data primer.
Berdasarkan penelitiaan yang telah dilakukan, penulis diketahui bahwa financial technology pada BRI syariah KC Semarang mempunyai kekuatan (strength). kelemahan (weakness), peluang (oopotunity) dan ancaman (threat), menggabungkan kekuatan dan peluang dapat meminimalisir kelemahan dan dapat mencegah terjadinya ancaman, dan setelah dilakukan analisis dan pembahasan maka di dapat diuraikan strategi-strategi yang dapat BRI syariah KC Semarang lakukan untuk meningkatkan eksistensi dan mendorong terjadinya perkembangan teknologi keuangan serta meminimalisir kelemahan dan ancaman fintech pada BRI syariah KC Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bank syariah; Financial technology (fintech); Analisis SWOT
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 06 Sep 2021 13:22
Last Modified: 06 Sep 2021 13:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13257

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics