Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi resiko, dan kualitas layanan terhadap minat menggunakan mobile banking BRI Syariah : studi pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang

Yusuf, Fahrudin (2020) Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi resiko, dan kualitas layanan terhadap minat menggunakan mobile banking BRI Syariah : studi pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605036117_FAHRUDIN YUSUF]
Preview
Text (SKRIPSI_1605036117_FAHRUDIN YUSUF)
SKRIPSI_1605036117_FAHRUDIN YUSUF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti meneliti mengenai “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Resiko, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking BRI Syariah (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang).”Maksud penelitian ini ialah untuk menganalisis“pengaruh persepsi kemudahan, persepsi resiko, kualitas layanan terhadap minat menggunakan mobile banking.”Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang yang berminat menggunakan jasa mobile banking BRI Syariah dalam melakukan segala jenis transaksi. Pengambilan sampel di lapangan menggunakan teknik simple random sampling. Metode simple random sampling yaitu teknik secara acak yang setiap anggota populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan jenis data primer yang di peroleh dari mahasiswa aktif FEBI. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SPSS 16. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji asumsi multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier, uji koefisien determinasi, uji parsial (t), dan uji simultan (f).
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa secara parsial“(1) Persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan mobile banking. (2) Persepsi resiko tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan mobile banking. (3) Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan mobile banking.”Secara simultan persepsi kemudahan, persepsi resiko, dan kualitas layanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking. Menghasilkan nilai sig. f sebesar 0,000 <0,05 dan F hitung lebih besar dari f tabel (29,622 > 2,70). Dengan perolehan angka Adjusted R^2 diperoleh nilai sebesar 0,477 atau 47,7%.

In this study, researchers examined the Effect of Perception of Convenience, Risk Perception, and Service Quality on Interests Using BRI Syariah Mobile Banking (Study of FEBI Students UIN Walisongo Semarang). The purpose of this study was to analyze "the effect of perceived ease, risk perception, quality services to the interest in using mobile banking. "The population in this study are active students of the Faculty of Economics and Islamic Business UIN Walisongo Semarang who are interested in using BRI Syariah mobile banking services in conducting all types of transactions. Sampling in the field using simple random sampling technique. Simple random sampling method is a random technique in which every member of the population has the same opportunity to be chosen as a sample.
This research uses quantitative methods with descriptive research. In this study using primary data types obtained from active FEBI students. The data analysis model used in this study uses SPSS 16. While the analysis techniques used are validity test, reliability test, classic assumption test, normality test, multicollinearity assumption test, heteroscedasticity test, linear regression test, coefficient of determination test, partial test (t test ), and simultaneous test (f).
The results of this study found that partially (1) Perception of convenience had a positive effect on interest in using mobile banking. (2) Risk perception does not affect the interest in using mobile banking. (3) Service quality has a positive effect on interest in using mobile banking. Simultaneously the perception of convenience, risk perception, and service quality together (simultaneously) significantly influence the interest in using mobile banking. Generate a value of sig. f is 0,000 <0.05 and F count is greater than f table (29.622> 2.70). With the acquisition of Adjusted R ^ 2 values obtained values of 0.477 or 47.7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Kemudahan; Risiko; Kualitas layanan; Minat; Mobile banking; Bank syariah; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 06 Sep 2021 13:31
Last Modified: 06 Sep 2021 13:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13266

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics