Pengaruh asset liability management terhadap kinerja bank tahun 2014 - 2019: studi komparatif pada PT Bank Rakyat Indonesia, tbk dan PT Brisyariah

Maftukhah, Nina Aina (2020) Pengaruh asset liability management terhadap kinerja bank tahun 2014 - 2019: studi komparatif pada PT Bank Rakyat Indonesia, tbk dan PT Brisyariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605036033_NINA_AINA_MAFTUKHAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1605036033_NINA_AINA_MAFTUKHAH)
SKRIPSI_1605036033_NINA_AINA_MAFTUKHAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Asset Liability Management memiliki pengaruh terhadap kinerja Bank Rakyat Indonesia dan Bank BRISyariah tahun 2014-2019, serta untuk mengetahui perbedaan tingkat kinerja dilihat dari rasio ROA diantara kedua bank tersebut. Variabel yang dijadikan sebagai indikator ALMA dalam penelitian ini adalah manajemen likuiditas (LDR/ FDR), manajemen aset (NPL/ NPF), manajemen harga (BOPO), dan manajemen modal (CAR).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel data menggunakan Teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder berbentuk time series (runtun waktu) yang didapat dari laporan keuangan triwulan yang secara resmi dipublikasikan oleh Bank Rakyat Indonesia dan Bank BRISyariah dari 2014 hingga 2019. Data selanjutnya diuji dengan menggunakan regresi linier berganda. Sedangkan untuk uji perbandingan penerapan Asset Liability Management diantara kedua bank menggunakan uji statistik independent sample t-test.
Berdasarkan hasil kesimpulan dari penelitian ini diperoleh bukti empiris bahwa Manajemen likuiditas (LDR/ FDR) memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap kinerja bank (ROA) pada Bank BRI dan Bank BRISyariah. Manajemen aset (NPL/ NPF) memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap kinerja bank (ROA) pada Bank BRI dan Bank BRISyariah. Manajemen harga (BOPO) memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja bank (ROA) pada Bank BRI dan Bank BRISyariah. Manajemen modal (CAR) memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap kinerja bank (ROA) pada Bank BRI, tetapi memiliki pengaruh signifikan pada kinerja Bank BRISyariah. Dalam mengelola Asset Liability Management, Bank BRI menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Bank BRISyariah. Hal ini dilihat dari rata-rata ROA Bank BRI sebesar 0,038133 sedangkan pada Bank BRISyariah sebesar 0,006154.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Asset Liability Management; LDR; FDR; NPL; NPF; BOPO; CAR Kinerja Bank
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 19 Jun 2021 07:13
Last Modified: 19 Jun 2021 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics