Pengaruh trend fashion dan pengetahuan budaya terhadap keputusan pembelian batik di Kampung Batik Semarang

Ariyanto, Fajar (2020) Pengaruh trend fashion dan pengetahuan budaya terhadap keputusan pembelian batik di Kampung Batik Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026164_Fajar_Ariyanto]
Preview
Text (Skripsi_1505026164_Fajar_Ariyanto)
Skripsi_1505026164_Fajar_Ariyanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Batik menjadi sebuah warisan sejarah yang dimiliki Negara Indonesia, yang menggambarkan kehidupan masyarakat dan juga mengenalkan kebudayaan-kebudayaan khas daerah dalam bentuk seni lukis diatas kain. Seperti halnya pengrajin batik di Kampung Batik Semarang, disamping mereka berikhtiar untuk melestarikan warisan leluhur, disisi lain mereka harus berinovasi dan mengedukasi mengenai batik. Dengan harapan batik bisa menjadi kebanggaan generasi muda yang begitu mempesona. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui seberapa pengaruh trend fashion (X1) dan pengetahuan budaya (X2) terhadap keputusan pembelian batik di Kampung Batik Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif, menjelaskan pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Pengumpulan data menggunakan data primer dan penyebaran kuesioner kepada orang yang pernah berkunjung di Kampung Batik Semarang.
Hasil dari penelitian ini, bahwa variabel trend fashion memiliki nilai signifikansi (sig) 0,759 > 0,05, tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian batik di Kampung Batik Semarang. Sedangkan variabel pengetahuan budaya memiliki nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05, berpengaruh terhadap keputusan pembelian batik di Kampung Batik Semarang. Dalam uji F. diperoleh nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05, yang berarti variabel trend fashion dan pengetahuan budaya secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian batik di Kampung Batik Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Trend fashion; Pengetahuan budaya; Keputusan pembelian; Batik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:44
Last Modified: 21 Jun 2021 04:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13288

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics