Pengaruh kemauan membayar pajak dan tingkat pemahaman wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak : studi kasus: pada wajib pajak penyelenggara reklame yang terdaftar di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang

Sunariyah, Sunariyah (2020) Pengaruh kemauan membayar pajak dan tingkat pemahaman wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak : studi kasus: pada wajib pajak penyelenggara reklame yang terdaftar di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605046032_Sunariyah_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605046032_Sunariyah_lengkap)
1605046032-Sunariyah-Full Skripsi - Sun Ariyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Pengaruh kemauan membayar pajak terhadap kepatuhan membayar pajak dalam membayar pajak reklame di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang, 2). Pengaruh tingkat pemahaman wajib pajak terhadap kepatuhan membayar pajak dalam membayar pajak reklame di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, dimana sumber data diperoleh dari kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak penyelenggara reklame yang terdaftar di Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang Tahun 2017-2018. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 wajib pajak reklame, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode slovin. Teknik analisis data menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS) 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). kemauan membayar pajak (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak (Y) dengan hasil signifikan 0.000 nilai lebih kecil dari 0.05, sehingga hipotesis kemauan membayar pajak (X1) diterima (Ho1 ditolak Ha1 diterima) 2). Tingkat pemahaman wajib pajak (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak (Y) dengan hasil signifikan 0.007 nilai kurang dari 0.05, sehingga hipotesis tingkat pemahaman wajib pajak (X2) diterima (Ho2 ditolak Ha2 diterima).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemauan membayar pajak; Pemahaman; Reklame; Kepatuhan membayar pajak; Wajib pajak
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Sep 2021 13:31
Last Modified: 11 Sep 2021 13:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13292

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics