Efektivitas penerapan strategi pemasaran pada produk SIWITA (Simpanan Wisata ) di BMT Al-Hikmah Ungaran

Wahyuningsih, Lina (2020) Efektivitas penerapan strategi pemasaran pada produk SIWITA (Simpanan Wisata ) di BMT Al-Hikmah Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA_1705015036_Lina_Wahyuningsih_lengkap]
Preview
Text (TA_1705015036_Lina_Wahyuningsih_lengkap)
1705015036_Lina Wahyuningsih_FULL TA-dikonversi - Lina Wahyuningsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pemasaran (marketing) yang merupakan jantung perusahaan dalam mencari calon anggota sesuai rencana agar tujuan perusahaan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi pemasaran di BMT Al-Hikmah Ungaran. Obyek penelitan dilakukan di BMT Al-Hikmah Ungaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer didapat dari wawancara langsung dengan narasumber yaitu, marketing, Costumer Service dan manajer BMT, sedangkan data sekunder di dapat melalui buku-buku yang ada diperpustakaan yang berhubungan dengan masalah penelitian juga data dari BMT Al-Hikmah Ungaran berupa brosur-brosur, dokumen-dokumen dan lainnya.
Hasil dari penelitan ini bahwa BMT Al-Hikmah Ungaran menggunakan strategi pemasaran yang efektif yaitu Penerapan Segmentasi, Targeting, dan Positioning dan Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Segmentasi menggolongkan calon anggota dari segi geografis dan demografis. Sedangkan bauran pemasaran meliputi: Product, price, place, promotion. Kegiatan promosi yang dilakukan BMT Al-Hikmah Ungaran yaitu: mendatangi calon nasabah, Semua Pegawai BMT, brosur, network (jaringan komputer).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk perbankan; Simpanan; BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 07:14
Last Modified: 09 Oct 2021 07:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13325

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics