Produktivitas produk iB tabungan haji pada Bank Jateng Syariah KCPS Unissula Semarang

istuwati, Julis (2020) Produktivitas produk iB tabungan haji pada Bank Jateng Syariah KCPS Unissula Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TA_1705015065_Julis_Istuwati]
Preview
Text (TA_1705015065_Julis_Istuwati)
1705015065_JULIS ISTUWATI_FULL SKRIPSI - Julis Istuwaty.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat islam yang mampu baik secara fisik maupun keuanganya adalah dengan cara melaksanakan Ibadah Haji. Dalam menunaikan ibadah ke Baitullah, umat muslim harus benar-benar merencanakannya dari jauh-jauh hari karena menunaikan ibadah haji membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan juga berkas yang tidak mudah untuk di urus, hal ini dimanfaatkan oleh lembaga keuangan syariah untuk dapat membuka layanan syariah berupa Tabungan Haji. Salah satunya adalah Bank Jateng Syariah. Dalam hal ini Bank Jateng Syariah. Produk iB Tabungan Haji merupakan produk layanan dan simpanan yang diberikan oleh Bank Jateng Syariah untuk dapat mewujudkan impian nasabahnya dalam berangkat ibadah haji. Rumusan Masalah yang ada dalam Tugas Akhir yaitu Bagaimana Produktivitas Produk iB Tabungan Haji pada Bank Jateng Syariah KCPS Unissula, Faktor dan upaya apa saja yang mempengaruhi Produktivita produk iB tabungan Haji pada Bank Jateng Syariah KCPS Unissula
Dalam penelitian ini menerapkan jenis penelitian yang dilakukan secara langsung melalui tinjauan lapangan dengan pengambilan lokasi di Bank Jateng Syariah KCPS Unissula. Data-data sekunder yang gunakan dalam penelitian ini berupa data kualitatif, yaitu data primer dan data sekunder. Data-data ini didapatkan melalui metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Yang dianalisa melalui metode deskripif.
Dalam Tugas Akhir ini dapat diambil kesimpulan yaitu : Produktivitas Produk iB Tabungan Haji mengalami kondisi “kestabilan” dimana posisi produk iB Tabungan haji di setiap bulannya tidak terjadi perubahan yang signifikan. Kenaikan yang terjadi pada produktivitas produk iB Tabungan haji Bank Jateng Syariah yaitu adanya tingkat kesadaran mahasiswa maupuan masyarakat dalam membuka rekening tabungan haji untuk menabung haji dari dini dan pemasaran yang dilakukan secara berantai dari nasabah yang sudah memiliki rekening tabungan haji kemudian memberikan rekomendasi kepada orang lain Hal ini terjadi karena segmentasi produk yang ada di Bank Jateng Syariah KCPS Unissula bukanlah produk iB Tabungan Haji malainkan produk pembiayaan dan simpanan berjangka. Kurangnya Strategi Pemasaran yang diterapkan mempengaruhi peningkatan pada produk iB Tabungan Haji di Bank Jateng Syariah KCPS Unissula.
Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan produktivitas produk tabungan haji adalah dengan meningkatkan strategi pemasaran, melakukan inovasi terhadap produk agar produk dapat diminati oleh masyarakat dan dapat dijangkau oleh masyarakat dimana saja baik secara online maupun offline, menjalin kerja sama dengan biro perjalan haji dan umrah kemudian meningkatkan kualitas kompetensi SDM. Dan tidak mematok hanya pada produk pembiayaan saja untuk mendapatkan laba akan tetapi juga meratakan penjualan produk pada Bank Jateng Syariah KCPS Unissula. Faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas produk adalah faktor Organisasi dimana Bank Jateng Syariah sebagai Bank Syariah yang menyediakan produk dan layanan perbankan berbasis syariah dalam konteks ini masyarakat muslim akan tergerak kesadarannya dalam melakukan transaksi berbasis islam dan halal dan faktor SDM, faktor yang terdapat dalam diri karyawan yang memiliki kualitas pengetahuan, keterampilan, kemampuan, prilaku dan tingkat pendidikan guna memberikan pelayanan yang baik serta rama kepada Nasabah. Hal ini yang kemudian akan memancing nasabah terkesan dan mempercayakan transaksi mereka pada pelayanan Bank Jateng Syariah KCPS Unissula yang hal ini juga memberikan nilai tambah pada operasional Bank.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Produk perbankan; Tabungan haji; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2021 07:17
Last Modified: 09 Oct 2021 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13339

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics