Preferensi konsumen terhadap penggunaan digital payment OVO : studi kasus mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo

Fathonah, Fadillah Isnaeni (2020) Preferensi konsumen terhadap penggunaan digital payment OVO : studi kasus mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605026008_FADILLAH_ISNAENI]
Preview
Text (SKRIPSI_1605026008_FADILLAH_ISNAENI)
SKRIPSI_1605026008_FADILLAH_ISNAENI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi keuangan (fintech) muncul sebagai bentuk inovasi dalam sistem pembayaran digital. OVO adalah platform layanan pembayaran yang dimiliki oleh PT. Visionet International di bawah Perusahaan Lippo yang turut berkontribusi pada pertumbuhan sistem pembayaran digital di Indonesia. Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh CB Insight berjudul "The Global Unicorn Club OVO", OVO telah menjadi status unicorn sejak 14 Maret 2019 dan duduk di peringkat ke-2 dengan penilaian $ 2,9 miliar (Rp. 40,6 triliun). Hal ini tidak lain adalah hasil berbagai kemudahan dan fasilitas yang terus diberikan OVO sebagai penyedia Fintech untuk meningkatkan kenyamanan pengguna agar selalu tersedia dalam mengakses internet untuk mendukung kegiatan ekonomi di era industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam menggunakan pembayaran digital OVO. Teknik yang digunakan adalah purposive random sampling dengan membagikan kuesioner kepada responden. Faktor-faktor yang dianggap berpengaruh adalah jenis kelamin, tingkat siswa, rata-rata keuangan siswa per bulan, persepsi risiko, harga, citra merek, dan kenyamanan. Dengan menggunakan analisis regresi logistik biner (logit) penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam menggunakan pembayaran digital OVO adalah persepsi risiko, dan harga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Preferensi konsumen; Fintech; Teknologi keuangan; Digital payment; Mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Jul 2021 06:19
Last Modified: 01 Jul 2021 06:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13345

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics