Pengaruh persepsi, motivasi, pemberian bonus dan label syariah terhadap keputusan menjalankan bisnis multi level marketing syariah : studi kasus pada Tiens Syariah Semarang

Azizah, Ismi Nur (2020) Pengaruh persepsi, motivasi, pemberian bonus dan label syariah terhadap keputusan menjalankan bisnis multi level marketing syariah : studi kasus pada Tiens Syariah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605026043_ISMI_NUR_AZIZAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1605026043_ISMI_NUR_AZIZAH)
SKRIPSI_1605026043_ISMI_NUR_AZIZAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengangguran merupakan masalah sosial yang dialami oleh negara dengan perekonomian maju maupun berkembang, seperti Indonesia. Upaya untuk mengatasi pengangguran dan minimnya lapangan kerja menjadi motivasi masyarakat untuk memilih berbisnis sebagai pekerjaan sampingan. Salah satu bisnis yang berkembang cepat di Indonesia adalah bisnis multi level marketing syariah dengan perusahaan bernama Tiens syariah. Hal ini menjadi sebuah isu yang menarik untuk diteliti mengenai faktor apa saja yang memicu seseorang dalam memilih menjalankan bisnis multi level marketing syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh persepsi, motivasi, pemberian bonus dan label syariah terhadap keputusan menjalankan bisnis multi level marketing syariah. Untuk menyelesaikan persoalaan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, variabel persepsi berpengaruh positif terhadap keputusan berbisnis. Artinya bahwa semakin positif seseorang dalam mempersepsi bisnis maka berpengaruh terhadap keputusan berbisnis. Kedua, variabel motivasi berpengaruh positif terhadap keputusan berbisnis, semakin tinggi motivasi dalam berbisnis maka berpengaruh terhadap keputusan berbisnis. Ketiga, variabel pemberian bonus berpengaruh positif terhadap keputusan berbisnis, semakin tinggi pemberian bonus maka berpengaruh terhadap keputusan berbisnis. Keempat, variabel label syariah berpengaruh positif terhadap keputusan berbisnis, semakin baik penerapan label syariah pada bisnis MLM maka berpengaru terhadap keputusan berbisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Motivasi; Pemberian bonus; Label syariah; Keputusan menjalankan bisnis; Multi level marketing syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Jul 2021 02:20
Last Modified: 02 Jul 2021 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13351

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics