Pengaruh emotional branding, spiritual marketing, dan customer satisfaction terhadap brand loyalty pada Asuransi Prudential SM9 Syariah Cabang Semarang

Susanto, Heri (2020) Pengaruh emotional branding, spiritual marketing, dan customer satisfaction terhadap brand loyalty pada Asuransi Prudential SM9 Syariah Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605026045_Heri_Susanto]
Preview
Text (Skripsi_1605026045_Heri_Susanto)
Skripsi_1605026045_Heri_Susanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di masa globalisasi, tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan antar industri terus menjadi ketat serta kompetitif. Banyak industri yang terdapat di Indonesia berlomba untuk mempunyai energi saing yang besar serta unggul dalam dunia ekonomi serta bisnis. Tidak terkecuali industri jasa asuransi yang jumlahnya terus menjadi banyak di Indonesia membuat persaingan terus menjadi kompetitif di dunia perasuransian. Perihal ini pasti memforsir industri asuransi untuk melindungi loyalitas para nasabahnya agar menutup mungkin nasabah tersebut pindah ke industri asuransi lain. Hal yang bisa dilakukan oleh industri asuransi adalah dengan membentuk emotional branding kepada para nasabah. Selain itu diperlukan juga penerapan spiritual marketing yang berorientasi pada kepuasan pelanggan agar loyalitas terhadap brand asuransi tersebut tetap akan terjaga.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 95 responden yang merupakan nasabah dari Asuransi Prudential SM9 Syariah Cabang Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, seta uji hipotesis yang mencakup uji t, uji f, dan koefisien determinasi, dengan olah data menggunakan program SPSS.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel emotional branding, spiritual marketing, dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty sebesar 50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Emotional branding; Spiritual marketing; Customer satisfaction; Brand loyalty; Asuransi syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Jul 2021 02:32
Last Modified: 02 Jul 2021 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics