Pengaruh kepercayaan dan citra merek terhadap retensi pelanggan dengan loyalitas pelanggan sebagai variabel intervening pada nasabah bank umum syariah

Ricadonna, Nadia Adriane (2020) Pengaruh kepercayaan dan citra merek terhadap retensi pelanggan dengan loyalitas pelanggan sebagai variabel intervening pada nasabah bank umum syariah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1705028015_Nadia_Adriane_Ricadonna]
Preview
Text (Tesis_1705028015_Nadia_Adriane_Ricadonna)
Tesis_1705028015_Nadia_Adriane_Ricadonna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Retensi Pelanggan merupakan salah satu fenomena yang sedang dihadapi Bank Syariah di Indonesia. Perbankan Syariah saat ini menghadapi era industri persaingan yang sangat kompetitif. Oleh karena itu Perbankan Syariah dirasa perlu untuk dapat meningkatkan Retensi Pelanggan dengan mempertahankan nasabahnya. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan Retensi Pelanggan di Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menguji dan menganalisis pengaruh Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Retensi Pelanggan dengan Loyalitas Pelanggan sebagai variabel intervening.
Terdapat sebanyak 100 responden Bank Syariah yang mengisi kuesioner penelitian ini. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan program Smart PLS dengan pengukuran uji inner model dan uji outer model. Hasil pengujian membuktikan bahwa Kepercayaan, Citra Merek, Loyalitas Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Retensi Pelanggan di Bank Umum Syariah. Sedangkan pengujian tidak langsung membuktikan bahwa variabel Loyalitas Pelanggan tidak mampu memediasi antara variabel Citra Merek terhadap Retensi Pelanggan.

ABSTRACT:

Customer retention is one phenomenon that is being faced by Islamic Banks in Indonesia. Sharia Banking currently faces an era of highly competitive competition. Therefore Sharia Banking is deemed necessary to be able to increase Customer Retention by retaining its customers. The problem in this research is how to increase Customer Retention in Islamic Banks. This study aims to be able to test and analyze the effect of Trust and Brand Image on Customer Retention with Customer Loyalty as an intervening variable.
There were 100 Islamic Bank respondents who filled out the research questionnaire. The collected data is processed using the Smart PLS program by measuring the inner model test and outer model test. The test results prove that Trust, Brand Image, Customer Loyalty have a positive and significant effect on Customer Retention at Islamic Commercial Banks. Whereas indirect testing proves that the Customer Loyalty variable is not able to mediate between the Brand Image variable to Customer Retention.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan; Citra merek; Loyalitas pelanggan; Retensi pelanggan; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 60102 - Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Jul 2021 03:27
Last Modified: 03 Jul 2021 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13369

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics