Peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran terintegrasi nilai Islam melalui model DBUS

Nurkhasanah, Nurkhasanah (2019) Peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran terintegrasi nilai Islam melalui model DBUS. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. (Submitted)

[thumbnail of Laporan Penelitian. nurkhasanahdoc.pdf]
Preview
Text
Laporan Penelitian. nurkhasanahdoc.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus kegiatan pengabdian adalah pada keterampilan dalam menyusun dan merancang serta melaksanakan pembelajaran biologi terintegrasi melalui pelatihan model pembelajaran DBUS. Pelatihan dilanjutkan dengan praktik pendampingan. Hasil implementasi diukur berdasarkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan PRB siswa.
Keterampilan guru dalam mengajar di kelas menjadi penting bagi dunia pendidikan di era revolusi industri 4.0. Penguatan karakter menjadi peran guru dan harus dilakukan secara massif di semua mata pelajaran salah satunya adalah biologi. Namun, materi biologi di madrasah masih disajikan hanya untuk menyelesaikan indikator kompetensi kognitif peserta didik dan guru masih kesulitan mengintegrasikan konsep sains dengan nilai keislaman.
DBUS (Discovery Based Unity of Sciences) merupakan model pembelajaran hasil pengembangan model pembelajaran Discovery yang menekankan peran aktif siswa dan melibatkan proses mental siswa dalam mengasimilasikan konsep melalui kegiatan Lokal Wisdom orientation, Analytical statement, Data collection, Data processing, Association with religion, Generalization and Awareness. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan angket. Data hasil uji efektifitas dianalisis menggunakan statistik inferensial dua pihak dan hasilnya pelatihan dan pendampingan Guru MA dalam pembuatan modul berbasis DBUS meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan personal religious beliefs (PRB)
Kata Kunci; Modul Biologi, Discovery Based Unity of Sciences (DBUS), berpikir kritis, PRB

Item Type: Other
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 374 Adult education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Dokumen Administratif
Depositing User: Sugeng Sugeng
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:59
Last Modified: 13 Jul 2021 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13389

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics