Kajian etnobotani tanaman wijayakusuma keraton (pisonia grandis r. br.) di Kabupaten Cilacap

A’tourrohman, Muhammad (2021) Kajian etnobotani tanaman wijayakusuma keraton (pisonia grandis r. br.) di Kabupaten Cilacap. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_1708016026_Skripsi_Lengkap] Text (NIM_1708016026_Skripsi_Lengkap)
1708016026_SKRIPSI LENGKAP_MUHAMMAD ATOURROHMAN - Muhammad A_tourrohman.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Tanaman wijayakusuma keraton merupakan tanaman yang memiliki nilai sejarah bagi Kabupaten Cilacap. Dunia pewayangan menganggap bahwa bunga wijayakusuma keraton adalah pusaka Kresna, Raja Dwarawati. Pada kalangan Kerajaan Mataram Islam di Jawa, bunga wijayakusuma keraton menjadi keramat dan harus ada dalam upacara penobatan raja. Wijayakusuma keraton sebagai tanaman yang memiliki mitologi dan sejarah bagi Kabupaten Cilacap tentu juga memiliki kaitan erat dengan kehidupan masyarakat saat itu. Pengetahuan lokal masyarakat mengenai tanaman ini bisa menjadi penting bagi sumbangsih keilmuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan pengetahuan lokal masyarakat, mengetahui potensi dan pemanfaatan, dan mengetahui bagaimana masyarakat Kabupaten Cilacap melakukan konservasi terhadap tanaman ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara semi terstruktur. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2021 di Kelurahan Tegalkamulyan, Tambakreja, dan Cagar Alam Wijayakusuma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Cilacap saat ini lebih mengenal dengan tanaman wijayakusuma kaktus (Epiphyllum oxypetalum) dibandingkan wijayakusuma keraton (Pisonia grandis). Potensi dari tanaman wijayakusuma keraton di antaranya sebagai bahan pangan, bahan bangunan, tanaman hias atau koleksi, sumber penghasilan, lem atau perangkap burung, tanaman perindang jalan, dan tanaman obat. Konservasi tanaman wijayakusuma keraton secara in situ dilakukan di CA Wijayakusuma. Sedangkan konservasi secara ex situ dilakukan di BKSDA resort Cilacap, Perumahan Pertamina, Makodim 0730, dan Pendopo Wakil Bupati Cilacap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etnobotani; Kabupaten Cilacap; Wijayakusuma Keraton; Pisonia grandis r. br.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 580 Plants > 582 Plants noted for specific vegetative characteristics and flowers
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 09 Oct 2021 02:06
Last Modified: 09 Oct 2021 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13446

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics