Perbandingan karakteristik struktur trikoma daun muda dan daun dewasa pada tumbuhan Kemadu (dendrocnide stimulans (l.f.) chew)

Nurohmah, Ami (2021) Perbandingan karakteristik struktur trikoma daun muda dan daun dewasa pada tumbuhan Kemadu (dendrocnide stimulans (l.f.) chew). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_1708016032_Skripsi_Lengkap] Text (NIM_1708016032_Skripsi_Lengkap)
1708016032-Ami Nurohmah-Tugas Akhir - Ami Nurohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Trikoma merupakan struktur pada tanaman yang berfungsi sebagai alat pertahanan diri. Cagar Alam Darupono merupakan kawasan yang memiliki tumbuhan bertrikoma, salah satunya kemadu. Trikoma pada daun kemadu belum banyak diketahui sehingga menarik menjadi objek dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur morfologi dan anatomi trikoma daun kemadu, perbedaan struktur trikoma daun muda dan daun dewasa pada tumbuhan kemadu, serta perbedaan distribusi trikoma pada permukaan abaksial dan adaksial daun kemadu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel sampling sistematis. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur morfologi trikoma daun kemadu yaitu uniseluler dengan bentuk seperti jarum, seperti kerucut, berbentuk panjang menyempit, beruas seperti jari, bentuk kepala lebar, bagian basal besar, dan panjang tangkai 2x lebih besar dari kepalanya. Trikoma daun muda tanaman kemadu yang teridentifikasi adalah stinging trichome, capitate trichome, digitate trichome, dan peltate trichome. Trikoma yang teridentifikasi pada daun dewasa tanaman kemadu adalah stinging trichome, conical trichome, capitate trichome, dan long narrow trichome. Trikoma pada permukaan adaksial memiliki distribusi lebih tinggi dibandingkan pada permukaan abaksial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cagar Alam Darupono; Daun Kemadu; Trikoma; Dendrocnide stimulans (l.f.) chew
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 580 Plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 09 Oct 2021 02:01
Last Modified: 09 Oct 2021 02:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics