Perbandingan metode double moving average dan double exponential smoothing pada peramalan jumlah penduduk Provinsi Jawa Tengah

Sari, Ita Kartika (2021) Perbandingan metode double moving average dan double exponential smoothing pada peramalan jumlah penduduk Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708046020_Ita Kartika Sari] Text (SKRIPSI_1708046020_Ita Kartika Sari)
SKRIPSI_1708046020_Ita Kartika Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peramalan yaitu suatu metode yang digunakan untuk memperkirakan ketidakpastian masa depan sebagai bentuk upaya untuk mengambil suatu keputusan yang lebih baik. Pemernitah berupaya menekan laju pertumbuhan penduduk dengan membuat-mebuat kebijakan terkait, salah satunya yaitu program keluarga berencana (KB). Tujuan dari peramalan ini adalah untuk mengetahui metode terbaik serta persamaan model dalam peramalan jumlah penduduk.
Penelitian ini menggunakan data sekunder dari BPS Provinsi Jawa Tengah. Data tahunan jumlah penduduk Jawa Tengah pada tahuh 2011-2020 akan dianalisis dalam penelitian ini. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu merumuskan masalah, pengumpulan data, analisis data, serta penarikan kesimpulan. Teknik perhitungan hasil penelitian ini menggunakan bantuan software Microsoft Excel.
Hasil dari penelitian ini dihasilkan parameter terbaik dari masing-masing metode. Metode Double Moving Average dengan parameter rataan waktu 2 periode dan metode Double Exponential Smoothing dengan parameter α = 0,9. Uji keakuratan dari Double Moving Average 2 periode menunjukkan nilai MAPE 0,03% sedangkan Double Exponential Smoothing dengan α = 0,9 menunjukkan nilai MAPE 0,1%. Model peramalan terbaik dalam kegiatan peramalan jumlah penduduk Jawa Tengah yaitu metode Double Moving Average 2 periode.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peramalan; Jumlah penduduk; Jawa Tengah; Double Moving Average (DMA); Double Exponential Smoothing (DES)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 44201 - Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 09 Oct 2021 01:49
Last Modified: 09 Oct 2021 01:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13453

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics