Analisis kemampuan representasi matematis pada materi statistika siswa kelas VIII MTs NU Ihyaul Ulum Jekulo Kudus

Rohman, Ahmad Fathur (2021) Analisis kemampuan representasi matematis pada materi statistika siswa kelas VIII MTs NU Ihyaul Ulum Jekulo Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056010_Ahmad Fathur Rahman] Text (SKRIPSI_1503056010_Ahmad Fathur Rahman)
SKRIPSI_1503056010_Ahmad Fathur Rohman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya kemampuan representasi matematis. Representasi sendiri menjadi awal dalam pengerjaan soal matematika. Meskipun begitu, pembelajaran matematika belum melibatkan representasi matematis. Hal ini, juga dialami oleh MTs NU Ihyaul Ulum Jekulo Kudus. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah kemampuan representasi matemtatis siswa MTs NU Ihyaul Ulum dalam menyelesaikan permasalahan dari materi Statistika
. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam penelitian ini diambil 6 subjek wawancara yang mewakili tiga kelompok yaitu; kelompok atas, kelompok tengah dan kelompok bawah. Kriteria subjek wawancara adalah dapat mewakili jawaban masing-masing kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara dengan siswa.
Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan representasi matematis bentuk visual berada pada skor 39,2 dengan kategori kurang sekali. Artinya untuk indikator indikatoriimenyajikan kembali data dari suatu bentuk representasi ke dalam diagram, grafik maupun tabel secara sistematis secara umum belum terpenuhi. Rata-rata kemampuan representasi ekspresi berada pada skor 58,8 dengan kategori sedang. Artinya secara untuk inidkator indikator membuat persamaaniiiatauiimodel matematikaiiiidari representasi yangiidiberikan mampu dipenuhi oleh siswa kelompok atas dan tengah, tetapi indikator melibatkan ekspresi matematis dalam menyelesaikan permasalahan hanya mampu dipenuhi kelompok atas. Sedangkan kemampuan representasi matematis kata-kata skor rata-ratanya 52,4 dengan kategori kurang. Artinys untuk indiaktor membuat situasiiiiimasalahiiiiberdasarkan data-data atau repreesentasiiyangidiberikan hanya mampu dipenuhi kelompok atas dan tengah, sedangkan untuk indikator Menjawab soaliidenganiikata-kataiatau teks tertulis hanya mampu dipenuhi oleh siswa kelompok atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi matematis; Statistika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 01:52
Last Modified: 10 Nov 2021 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics