Pengaruh budaya kerja dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di PPID Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah

Hasanah, Zizin (2020) Pengaruh budaya kerja dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di PPID Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026166_Zizin_Hasanah] Text (Skripsi_1405026166_Zizin_Hasanah)
Skripsi_1405026166_Zizin_Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan publik khususnya dalam intansi pemerintahan dapat berjalan baik apabila didukung dengan sikap atau perilaku dan kemampuan dari pegawai pemberi pelayanan. Namun masih banyak hambatan yang masih dirasakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam penyampaian informasi kepada pemohon informasi, masih kurangnya pegawai professional dalam pekerjaannya. Dibidang pemerintahan masalah pelayanan tidak kalah pentingnya, bahkan perannya lebih besar karena menyangkut kepentingan umum, bahkan kepentingan rakyat keseluruhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah budaya kerja dan kompetensi pegawai berpengaruh terhadap pelayanan publik di PPID Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah baik secara parsial maupun secara simultan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran kuesioner dan didukung data sekunder. Populasi penelitian ini adalah 90 pegawai PPID Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah, sampel yang digunakan 47 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pelayanan publik, dan kompetensi pegawai berpengaruh secara signifikan terhadap pelayanan publik. Sedangkan hasil uji F simultan menunjukkan budaya kerja dan kompetensi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap pelayanan publik di PPID Dinas Perhubungan. Berdasarkan Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 23,1% pelayanan publik dipengaruhi oleh budaya kerja dan kompetensi pegawai, sedangkan 76,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Budaya kerja; Kompetensi pegawai; Pelayanan publik
Subjects: 300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:31
Last Modified: 28 Oct 2021 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13507

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics