Strategi pengembangan pariwisata terhadap tingkat pendapatan pelaku bisnis muslim di kawasan wisata Pantai Bondo Kabupaten Jepara

Muazizah, Siska (2021) Strategi pengembangan pariwisata terhadap tingkat pendapatan pelaku bisnis muslim di kawasan wisata Pantai Bondo Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026017_SISKA_MUAZIZAH] Text (SKRIPSI_1705026017_SISKA_MUAZIZAH)
SKRIPSI_1705026017_SISKA_MUAZIZAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pantai Bondo merupakan salah satu pantai yang berada di Kabupaten Jepara, yang merupakan suatu objek wisata Pantai yang baru dibuka pada awal tahun 2014. Pantai ini memiliki karakteristik pantai yang sangat indah pemandangannya, berpasir putih dan jarang terkena abrasi. Selain itu pantai ini memiliki ciri khas dan daya tarik wisata diantaranya ialah adanya wisata trilogi atau wisata religi, dan juga wisata kulinernya yang terkenal yakni pindang serani. Melihat potensi yang ada ini, pemerintah daerah dan juga masyarakat melakukan pengembangan-pengembangan terhadap objek wisata pantai bondo melalui strategi promosi. Setelah terjadi pengembangan terhadap objek wisata pantai bondo ini maka mulai tumbuh usaha-usaha baru dengan melihat perkembangan yang ada dan yang dibutuhkan oleh wisatawan. Sehingga hal tersebut dapat menaikkan jumlah pendapatan para pengusaha bisnis muslim.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana strategi pariwisata yang dikembangkan dalam meningkatkan jumlah pendapatan pelaku usaha bisnis muslim serta dampak yang ditimbulkan dari pengembangan pariwisata terhadap tingkat pendapatan pelaku bisnis muslim tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui wawancara ,ovservasi objek penelitian dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh pengelola pantai bondo masih terbilang stagnan , yakni menggunakan strategi pemasaran promosi melalui media sosial. Komponen Pengembangan pariwisata ini terdiri dari event, promosi dan pemasaran wisata,pelayanan wisata,dan fasilitas yang ada diobjek wisata. Dampak yang signifikan dirasakan oleh masyarakat yang berada di sekitar objek wisata Pantai Bondo, dimana dengan adanya pembukaan dan pengembangan objek wisata Pantai Bondo dapat menciptakan peluang usaha baru serta dapat menyerap tenaga kerja yang berada di sekitar Pantai Bondo. Selain itu, dengan adanya pengembangan objek Wisata Pantai Bondo dapat meningkatkan pendapatan para pengusaha bisnis muslim, sehingga dari pendapatan tersebut dapat meningkatkan taraf hidup keluarga.

ABSTRACT:
Bondo Beach is one of the beaches in Jepara Regency, which is a tourist attraction. This beach just opened in early 2014. This beach has the characteristics of a very beautiful beach, white sand and rarely exposed to absorption. In addition, this beach has characteristics and tourist attractions, including trilogy or religious tourism, as well as the famous culinary tour, namely Pindang Serani. Seeing this existing potential, the local government and also the community are carrying out developments on Bondo beach tourism objects through promotional strategies. After the development of this Bondo beach tourism object, new businesses began to grow by looking at existing developments and those needed by tourists. So that it can increase the amount of income of Muslim business entrepreneurs.
This study aims to examine how tourism strategies are developed in increasing the amount of income of Muslim businessmen and the impact of tourism development on the income levels of these Muslim business actors . This research is descriptive qualitative. Sources of data used are primary data sources and secondary data sources with data collection methods through interviews, observation of research objects and documentation.
The results of the research show that the strategy used by the bondo beach managers is still fairly stagnant, namely using promotional marketing strategies through social media. This tourism development component consists of events, tourism promotion and marketing, tourism services, and existing facilities for tourism objects. A significant impact is felt by the people living around Bondo Beach attractions, where the opening and development of Bondo Beach attractions can create new business opportunities and can absorb workers around Bondo Beach. In addition, with the development of the Bondo Beach Tourism object, it can increase the income of Muslim business entrepreneurs, so that from this income it can improve the standard of living of the family.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan pariwisata; Tingkat pendapatan; Pelaku bisnis; Muslim; Kawasan wisata
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Nov 2021 02:25
Last Modified: 01 Nov 2021 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13524

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics