Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP N 7 Salatiga tahun ajaran 2019/2020 ditinjau dari gaya belajar

Rizqiya, Indah Futicha (2020) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP N 7 Salatiga tahun ajaran 2019/2020 ditinjau dari gaya belajar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056014_INDAH FUTICHA RIZQIYA] Text (SKRIPSI_1503056014_INDAH FUTICHA RIZQIYA)
SKRIPSI_1503056014_INDAH FUTICHA RIZQIYA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan matematis yang berperan penting dalam membentuk siswa menjadi individu yang komunikatif, berani menyampaikan gagasannya secara sistematis dan jelas. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik berbeda-beda, salah satunya karena gaya belajarnya berbeda-beda juga. Sehinga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP N 7 Salatiga tahun ajaran 2019/2020 ditinjau dari gaya belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif disktiptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di SMP N 7 Salatiga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan tes kemampuan komunikasi matematis, angket gaya belajar dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan gaya belajar siswa.Hasil tes dan hasil wawancara kemampuan komunikasi matematis kemudian dianalisis berdasarkan gaya belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi matematis pada level baik. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki kemampuan komunikasi pada level sangat baik, dan siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya mampu mencapai kemampuan komunikasi matematis pada level cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi; Komunikasi matematis; Gaya belajar; Persamaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 01:55
Last Modified: 10 Nov 2021 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13532

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics