Analisis strategi pengembangan industri kreatif pada sektor fashion halal untuk meningkatkan daya saing pelaku ekonomi lokal : studi kasus pada toko busana di Pasar Tanah Abang

Rahim, Emil Dei (2021) Analisis strategi pengembangan industri kreatif pada sektor fashion halal untuk meningkatkan daya saing pelaku ekonomi lokal : studi kasus pada toko busana di Pasar Tanah Abang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026044_Emil_Dei_Rahim] Text (Skripsi_1705026044_Emil_Dei_Rahim)
Skripsi_1705026044_Emil_Dei_Rahim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Industri kreatif merupakan industri yang memiliki nilai-nilai ekonomi serta kebudayaan yang memanfaatkan teknologi dan ilmu pengetahuan. Industri kreatif juga merupakan sektor industrial dalam memanfaatkan kreativitas,keterampilan dan bakat individu untuk menunjang kesejahteraan ekonomi, dalam data KEMENPERIN industri fashion memiliki pertumbuhan yang sangat baik mencapai angka 19,27% pada tahun 2019. Saat ini halal style merupakan sebuah trend baru pada masyarakat seperti kuliner halal dan fashion halal. Halal merupakan sesuatu yang diperbolehkan dan sesuai syariat islam.
Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan industri kreatif pada sektor fashion halal untuk meningkatkan daya saing pelaku ekonomi lokal serta bagaimana strategi pengembangan industri kreatif pada sektor fashion halal untuk meningkatkan daya saing pelaku ekonomi lokal dalam pandangan islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan industri kreatif fashion halal serta melihat dalam pandangan islam.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer adalah sampel pemilik usaha fashion halal yang ada di Pasar Tanah Abang, konsumen toko, dan pengelola pasar yaitu PD.Pasar Jaya Tanah Abang. Data sekunder yang diambil dari struktur organisasi, situs laman website PD Pasar Jaya,situs website yang terkait, laporan-laporan,serta buku-buku yang berkenaan dengan penelitian ini yang kemudian di analisis dengan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara,observasi,dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi pengembangan industri kreatif yang dilakukan oleh pemilik usaha fashion halal Pasar Tanah Abang dengan mengembangkan tiga aspek yaitu : Strategi Pengembangan Pasar, Strategi Pengembangan Produk, dan Strategi Inovasi yang dimana strategi ini dapat meningkatkan daya saing pelaku ekonomi lokal. Dalam pengembangan usaha pandang islam sebagai pemilik usaha harus melihat tiga faktor yaitu produksi secara islam, pemasaran secara islam, dan mementingkan buruh dilihat dari perspektif buruh dalam islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan; Industri kreatif; Fashion halal; Daya saing; Pelaku ekonomi lokal; Toko busana; Pasar tradisional
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:35
Last Modified: 02 Nov 2021 08:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13546

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics