Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa dalam model pembelajaran problem based learning

Insani, Irham Aisyal (2021) Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya kognitif siswa dalam model pembelajaran problem based learning. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056085_Irham Aisyal Insani] Text (SKRIPSI_1503056085_Irham Aisyal Insani)
SKRIPSI_1503056085_Irham Aisyal Insani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun ruang sisi datar masih rendah. Siswa masih kesulitan dalam menerapkan rencana untuk menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari gaya kognitif siswa dlam model pembelajaran problrm based learning tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 27 siswa. Dari kelas tersebut kemudian diambil empat responden yang terdiri dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan pada masing-masing jenis gaya kognitif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis setiap butir soal berdasarkan kemampuan pemecahan masalah menurut polya meliputi (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) melaksanakan rencana penyelesaian, (4) memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) dari 27 siswa, 16 siswa memiliki gaya kognitif field dependent, dan 11 siswa memiliki gaya kognitif field independent, (2) mayoritas siswa rata-rata sudah mampu menguasai indikator memahami masalah, sementara pada indikator merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali masih sedikit siswa yang mampu menguasainya, (3) kemampuan pemecahan masalah siswa dari kelompok field dependent kurang mampu pada semua indikator Polya. Siswa dengan jenis gaya kognitif field independent memiliki kemampuan pemecahan lebih baik, yaitu mampu menguasai indikator Polya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Gaya kognitif; Problem based learning; Model pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:21
Last Modified: 11 Nov 2021 06:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13552

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics