Efektivitas model pembelajaran number head together (NHT) berbasis e-learning berbantuan game edukasi pada materi barisan dan deret terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MAN 2 Kudus

Ulya, Linta Ainil (2021) Efektivitas model pembelajaran number head together (NHT) berbasis e-learning berbantuan game edukasi pada materi barisan dan deret terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MAN 2 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708056081_Linta Ainil Ulya] Text (SKRIPSI_1708056081_Linta Ainil Ulya)
SKRIPSI_1708056081_Linta Ainil Ulya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MAN 2 Kudus yang ditunjukkan dengan kesulitan siswa dalam menentukan objek-objek dalam soal cerita dan mengubahnya ke dalam simbol matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Number Head Together berbasis e-learning berbantuan game edukasi pada materi barisan dan deret terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MAN 2 Kudus. Penelitian ini adalah penenlitian kuantitatif dengan desain eksperimental posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Kudus, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan sampel kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dan dokumentasi untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul dianalisi melalui dua tahap, yaitu yang pertama analisis tahap pertama untuk menguji data awal populasi dengan uji normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata, yang kedua analisis tahap dua untuk menguji data akhir sampel setelah mengikuti pembelajaran sesuai treatment masing-masing dengan uji normalitas, homogenitas, dan perbedaan rata-rata. Instrumen tes yang digunakan untuk menguji kemampuan komunikasi matematis siswa terlebih dahulu diuji cobakan kepada kemudian dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda.
Hasil dari penelitian ini adalah, rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran Number Head Together berbasis E-Learning berbantuan game edukasi sebesar 80,46 sedangkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional melalui virtual meeting adalah 60,56. Dari uji hipotesis menggunakan uji-t didaptkan t_hitung=2,30 dan t_tabel=1,67 pada taraf signifikansi 0,05, maka t_hitung>t_tabel , hal itu menunjukkan bahwa H0 ditolak yang artinya, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan siswa kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Number Head Together berbasis E-Learning berbantuan game edukasi efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MAN 2 Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Komunikasi matematis; Number Head Together (NHT); E-Learning; Game edukasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:24
Last Modified: 11 Nov 2021 06:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13555

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics