Analisis pengaruh gaya hidup, religiusitas dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara online : studi kasus pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang tahun angkatan 2017
Rizki, Muhammad (2021) Analisis pengaruh gaya hidup, religiusitas dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara online : studi kasus pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang tahun angkatan 2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1705026071_Muhammad_Rizki.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang perubahan gaya hidup dan tingkat religiusitas individu seseorang serta tingkat kualitas sebuah produk yang tidak bisa diabaikan seiring perkembangan jaman dan teknologi sehingga memberikan pengaruh terhadap keinginan seseorang untuk melakukan keputusan pembelian secara online yang mana belanja online telah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Hal ini diperkuat dengan mobilitas individu yang semakin tinggi sehingga memengaruhi konsumen dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh gaya hidup, religiusitas dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara online mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2017.
Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket (kuesioner) dengan sampel berjumlah 97 responden. Analisis data meliputi uji normalitas, uji heterokedasitas, uji multikolinearitas serta analisis regresi berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinan (R²). Semua data memenuhi kriteria pengujian yang digunakan. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,446. Angka tersebut dapat disimpulkan bahwa 44,6% keputusan pembelian online mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2017 dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independent. Sedangkan 55.4% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online (Y) pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2017 dengan nilai koefisien sebesar 0,653. Sedangkan variabel religiusitas (X2) dan variabel kualitas produk (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian secara online (Y) pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2017 dengan nilai koefisien 0,039 untuk variabel religiusitas dan 0,078 untuk variabel kualitas produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya hidup; Religiusitas; Kualitas produk; Keputusan pembelian; Perdagangan online; Mahasiswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade) 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 03:11 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13562 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year