Pengaruh transparansi, jasa pelayanan, dan pendistribusian ziswaf terhadap kepercayaan muzakki dalam membayar zakat melalui lembaga resmi : studi kasus di LAZ Al-Ihsan atau LAZiS Jateng Cabang Semarang

Istiqomah, Risa (2020) Pengaruh transparansi, jasa pelayanan, dan pendistribusian ziswaf terhadap kepercayaan muzakki dalam membayar zakat melalui lembaga resmi : studi kasus di LAZ Al-Ihsan atau LAZiS Jateng Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026092_Risa_Istiqomah] Text (Skripsi_1705026092_Risa_Istiqomah)
Skripsi_1705026084_Itsna_Tifani_ BR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Zakat ialah salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT dengan mengeluarkan harta yang telah mencapai nishab dan menyalurkannya kepada golongan tertentu. Untuk mempermudah pembayaran dan penyaluran dari dana zakat, pemerintah membentuk Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Badan Amil Zakat (BAZ)
Riset ini bermaksud untuk mengkaji secara empiris pengaruh transparansi, jasa pelayanan, serta pendistribusian ziswaf terhadap kepercayaan muzakki dalam membayar zakat di LAZiS Jateng Cabang Semarang. Jumlah sampel sebesar 93 orang. Metode analisis data yang diterapkan dalam riset ini ialah analisis linier berganda dengan pendekatan kuantittatif.
Hasil dari uji regresi linier berganda, variabel transparansi memiliki nilai t hitung sebesar -0,795 dengan nilai signifikansi sebesar 0,429, hal ini menunjukkan transparansi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan muzakki, kemudian variabel jasa pelayanan memiliki nilai t hitung sebesar 2,585 dengan nilai signifikansi sebesar 0,011, maka jasa pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan muzakki, dan variabel pendistribusian ziswaf memiliki nilai t hitung sebesar 2,604 dengan nilai signifikansi sebesar 0,011, maka pendistribusian ziswaf berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan muzakki.

ABSTRACT
Zakat is a form of worship to Allah SWT by issuing assets that have reached nishab and distributing them to certain groups. To facilitate the payment and distribution of zakat funds, the government established the Lembaga Amil Zakat (LAZ) and the Badan Amil Zakat (BAZ)
This research aims to examine empirically the effect of transparency, service delivery, and ziswaf distribution on muzakki's trust in paying zakat at LAZiS Central Java Semarang Branch. The number of samples is 93 people. The data analysis method applied in this research is multiple linear analysis with a quantitative approach.
The results of the multiple linear regression test, the transparency variable has a t value of -0.795 with a significance value of 0.429, this shows that transparency has no significant effect on muzakki's trust, then the service variable has a t value of 2.585 with a significance value of 0.011, then services have a significant effect on muzakki trust, and the ziswaf distribution variable has a t value of 2.604 with a significance value of 0.011, so ziswaf distribution has a significant effect on muzakki trust.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan; Muzakki; Membayar zakat; Lembaga resmi; Transparansi; Pelayanan; Distribusi zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:40
Last Modified: 03 Nov 2021 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13569

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics