Komunikasi nir kekerasan dalam membentuk karakter cinta damai pada anak di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang

Iman, Nurrul (2021) Komunikasi nir kekerasan dalam membentuk karakter cinta damai pada anak di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1704036019_NURRUL IMAN_Skripsi lengkap.pdf] Text
1704036019_NURRUL IMAN_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (956kB)

Abstract

Komunikasi sering menjadi penyebab meletusnya konflik di permukaan. Oleh karena itu komunikasi yang tanpa kekerasan perlu ditanamkan sejak dini kepada generasi penerus bangsa Indonesia melalui sarana pendidikan, penanaman nilai-nilai perdamaian bisa dibungkus dalam kurikulum pembelajaran yang berisi metode-metode yang mampu mencetak peserta didik yang mempunyai akhlak dalam berkomunikasi dan bertindak dengan baik dan sopan. Sehingga dalam penelitian ini peneliti memiliki tujuan agar bisa mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi Nir Kekerasan dalam membentuk karakter cinta damai pada anak di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang, peneliti mengangkat rumusan masalah bagaimana konsep komunikasi nir kekerasan di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang, bagaimana penerapan komunikasi nir kekerasan di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang serta seperti apa dampak penerapan komunikasi nir kekerasan dalam membentuk karakter cinta damai pada anak di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang dalam membentuk karakter cinta damai pada di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, peneliti melakukan jenis penelitian lapangan (field research) yangmana merupakan metode untuk menemukan secara khusus dan realistis apa yang sedang terjadi pada saat tertentu di lapangan, peneliti menggunakan dua data dalam upaya menemukan hasil penelitian ini yaitu data primer serta data sekunder, kemudian proses pengambilan datanya melalui teknik wawancara dengan pengurus, murid serta orang tua kemudian melakukan observasi juga. Diakhir proses penelitian ini, peneliti mendapatkan hasil bahwa konsep komunikasi nir kekerasan di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang adalah dengan membiasakan siswa untuk peduli terhadap keadaan sosial yang diaplikasikan melalu komunikasi dan perilaku yang baik dan tidak menyinggung orang lain, sehingga membentuk karakter peserta didik yang mampu membuat suasan nyaman dan damai, serta metode Komunikasi Nir Kekerasan yang diterapkan di sekolahan ini adalah dengan menerapkan beberapa metode, yaitu metode pengajaran, keteladanan, pembiasaan, apresiasi dan evaluasi, kemudian dampaknya terhadap pembentukan karakter murid sangat terasa terutama dalam hal mengelola konflik dan menciptakan perdamaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Toleransi; Tanpa Kekerasan; Cinta Damai; Perkembangan Anak; Budi pekerti; Moral
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 205 Religious Ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 06 Nov 2021 01:47
Last Modified: 06 Nov 2021 01:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13581

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics