Upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan taman wisata: studi di Desa Glapan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan

Zulfa, Indana (2021) Upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan taman wisata: studi di Desa Glapan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1706026031_Indana Zulfa_Skripsi lengkap.pdf] Text
1706026031_Indana Zulfa_Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha taman wisata merupakan fenomena yang menarik untuk diteliti, apalagi usahanya mampu mendorong masyarakat yang lebih berproduktif dan tentunya ekonomi kehidupan masyarakat meningkat dengan terbukanya peluang kerja dan peluang usaha lain seperti pedagang dan pegawai taman wisata. Hal tersebut menjadi fokus kajian dalam skripsi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang ekonomi keterlibatan masyarakat dalam memanfaatkan pengembangan taman wisata Desa Glapan dan manfaat ekonomi paska dibukanya taman wisata Desa Glapan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori pembangunan berkelanjutan yang dikontekstualisasikan dalam upaya pengembangan taman wisata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Glapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya bentuk partisipasi keterlibatan masyarakat dalam memanfaatkan taman wisata mulai dari proses awal perencanaan, pelaksanaan, pengawasan serta pelibatan di dalam pengembangannya. Manfaat ekonomi paska dibukanya taman wisata juga dirasakan oleh masyarakat mulai dari meningkatnya pendapatan, sadar akan potensi yang dimiliki masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tempat Wisata; Ekonomi Kerakyatan; Perubahan Sosial; Masyarakat Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 06 Nov 2021 02:35
Last Modified: 06 Nov 2021 02:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics