Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah Pengguna Internet Banking (Studi Kasus di Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang)
Shofiana, Nur (2011) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Nasabah Pengguna Internet Banking (Studi Kasus di Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
062411057_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (678kB) | Preview
062411057_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
062411057_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (129kB) | Preview
062411057_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (68kB) | Preview
062411057_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (156kB) | Preview
062411057_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
062411057_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (22kB) | Preview
Abstract
Perkembangkan sistem perbankan syari’ah di Indonesia, dalam kurun waktu 17 tahun total aset industri perbankan syari’ah telah meningkat sebesar 27 kali lipat dari Rp 1,79 triliun pada tahun 2000, menjadi Rp 49,6 triliun pada akhir tahun 2008. Laju pertumbuhan aset secara impresif tercatat 46,3% per tahun ( rata-rata pertumbuhan dalam 5 tahun terakhir).
Perbankan syari'ah membutuhkan peranan teknologi informasi untuk mempercepat pertumbuhannya, dari berbagai bidang industri, perbankan merupakan perusahaan pengadopsi terbesar teknologi informasi, penggunaannya sangat meluas baik untuk efisiensi internal seperti ERP dan SAP, maupun untuk kepentingan nasabah seperti jaringan cabang online, ATM, dan internet banking..
BSM dalam menyediakan infrastruktur e-banking berbasis in-house development dirasa nasabah kurang memilikim quality of service yang baik dimana pernah terjadi pembobolan rekening nasabah yang bernama Muhammad Amin Masa 2009 lalu, kerugian yang dialami ditaksir sebesar 42 juta rupiah. Jika masalah ini tidak diatasi, maka kepercayaan masyarakat akan amannya transaksi internet banking menjadi luntur dan menyebabkan layanan ini dihindari. Maka kepercayaan menjadi katalisator bagi transaksi penjual dan pembeli yang membuat konsumen memiliki harapan besar untuk puas terhadap hubungan tukar-menukar dalam transaksi, ini dapat di lihat dari faktor yang mempengaruhinya yaitu shared values, communication, dan opportunistic behavior control.
Kuantitatif dipilah sebagai metode yang digunakan untuk mengurai masalah dengan teknik regrasi linier berganda. Subjek penelitian sebanyak 95 responden, melalui teknik convenience random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen koesioner tertutup untuk menjaring data penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara X1 dengan Y sebesar 36,3%, sedangkan X2 terhadap Y sebesar 34,4%, dan variabel X3 terhadap Y berpengaruh sebesar 24,4%. Adapun hasil regresi simultan menunjukkan nilai f sebesar 10,756 dengan signifikansi 0,000 atau 0%. Koefisien determinasi R2 = 0,468 Hal ini menunjukkan bahwa 46,8% variasi skor kepercayaan pengguna internet banking ditentukan oleh shared values, communication, dan opportunistic behavior control, persamaan regresinya Y = 0,369 + 0,075X1 + 0,085X2 + 0,062X3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internet Banking |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Jan 2014 01:08 |
Last Modified: | 24 Jan 2014 01:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1359 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year