Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang
Mualimin, Mat (2012) Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang. Masters thesis, IAIN Walisongo.
Mualimin_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (339kB) | Preview
Mualimin_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (206kB) | Preview
Mualimin_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (404kB) | Preview
Mualimin_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki implementasi kurikulum
PAI di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang. Bentuk penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik
interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif.
Hasil teknik penelitian menunjukkan bahwa, implementasi kurikulum PAI
di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang dilakukan dengan menerapkan kurikulum
tingkat satuan pendidikan (KTSP) berdasarkan PP No. 19 tahun 2005.
Pelaksanaanya dilakukan dengan; a) pelaksanaan intra kurikuler melalui, tahap
persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi; b) ektra kurikuler, terdiri : pidato,
tilawatil Qur‟an, tartilul Qur‟an, musik Islami; c) menciptakan budaya sekolah
Faktor pendukung kurikulum PAI adalah SDM guru yang memenuhi
syarat, sarana prasarana yang mendukung, metode pembelajaran yang sesuai, serta
peran serta semua komponen yang ada; faktor penghambat pelaksanaan
kurikulum PAI adalah, waktu yang kurang mencukupi, input siswa yang tidak
sama serta politik kekuasaan yang selalu berganti-ganti program.
Faktor yang mendasari pengelolaan kurikulum di SMP Negeri 1 RSBI
Kota Magelang adalah karena tujuan dan target lembaga yang mengharapkan agar
siswa memiliki prestasi yang unggul, bermutu tinggi dan mampu melahirkan
sumber daya manusia yang siap memikul amanah Allah SWT sebagai hamba dan
khalifah-Nya. Selain itu didukung dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran
yang memiliki pengembangan kurikulum dan inovasi pembelajaran dengan cara
menggunakan model-model pembelajaran terkini, SBSA, CTL, aktif learning dan
model-model yang lain serta penghargaan dan hukuman (reward and punishment)
serta bimbingan belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Pendidikan Agama Islam; Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 06 Nov 2013 05:29 |
Last Modified: | 06 Nov 2013 05:29 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/136 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year