Strategi pemasaran syariah dalam peningkatan daya saing UMKM : studi kasus kerupuk petis udang Kecamatan Kendal
Hidayanti, Zulfiyana Dwi (2021) Strategi pemasaran syariah dalam peningkatan daya saing UMKM : studi kasus kerupuk petis udang Kecamatan Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1705026101_Zulfiyana_Dwi_Hidayanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Konsep pemasaran syariah saat ini terus berkembang seiring berkembangnya ekonomi syariah. Dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi perlunya pemberdayaan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini sudah banyak UMKM yang saling bersaing dalam pasar, untuk dapat bertahan dan berdaya saing maka perlunya pengelolaan manajemen yang baik, pemasaran salah satunya. Dalam penerapannya strategi pemasaran harus disusun secara efektif guna meningkatkan keunggulan kompetitif dalam suatu usaha. Begitu pula pada usaha kerupuk petis udang di Kecamatan Kendal, banyaknya produsen kerupuk petis yang saling bersaing dalam pasar mengharuskan untuk memiliki keunggulan kompetitif, yang unggulah yang dapat bertahan. Sampai saat ini pemasaran yang dilakukan masih tradisional, yang mana promosi dilakukan melalui mulut ke mulut kepada para distributor yang kemudian tersampaikan kepada konsumen akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran syariah untuk meningkatkan daya saing UMKM pada usaha kerupuk petis udang di Kecamatan Kendal dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran syariah usaha kerupuk petis udang Kecamatan Kendal dalam meningkatkan daya saing.
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data adalah dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari pemilik usaha kerupuk petis udang cap ABADI, cap SELERA dan cap Rajawali, dan konsumen. Sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal yang berhubungan dengan bauran pemasaran, karakteristik syariah dalam strategi pemasaran syariah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran syariah yang digunakan usaha kerupuk petis udang di Kecamatan Kendal baik cap ABADI, cap SELERA, dan cap Rajawali adalah telah memenuhi pemasaran syariah meliputi aspek bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat dan promosi dan karakteristik syariah yaitu teistis, etis, realitis, humanitis. (2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi pemasaran syariah pada usaha kerupuk petis udang di Kecamatan Kendal.
ABSTRACT
The current Islamic marketing concept continues to develop along with the development of the Islamic economy. In increasing economic growth, it is necessary to empower the Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) sector. Currently, there are many MSMEs competing with each other in the market, to be able to survive and be competitive, it is necessary to have good management, marketing is one of them. In the application of marketing strategies must be arranged effectively to increase competitive advantage in a business. Likewise in the shrimp paste cracker business in Kendal District, the number of petis cracker producers competing in the market requires them to have a competitive advantage, which is superior to that which can survive. Until now, the marketing is still traditional, where promotion is done through word of mouth to distributors which is then conveyed to the final consumer. The purpose of this study was to determine the application of sharia marketing strategies to increase the competitiveness of SMEs in the shrimp petis cracker business in Kendal District and to determine the supporting and inhibiting factors in the application of sharia marketing strategies for the Kendal shrimp petis cracker business in increasing competitiveness.
The type of research used is a case study with a qualitative approach. Data collection methods are interviews, observation and documentation. Sources of data uses are primary and secondary data sources. The primary data sources were obtained from the owner of the shrimp paste cracker business with the ABADI stamp, the SELERA stamp and the Rajawali stamp, and consumers. Secondary data sources are obtained from books, journals related to the marketing mix, sharia characteristics in sharia marketing strategies.
The results showed that (1) the sharia marketing strategy used by the shrimp petis cracker business in Kendal District, both with the ABADI stamp, SELERA stamp, and Rajawali stamp, had fulfilled sharia marketing covering aspects of the marketing mix, namely product, price, place and promotion and sharia characteristics, namely theistic, ethical, realistic, humanistic. (2) There are supporting and inhibiting factors that affect the sharia marketing strategy in the shrimp petis cracker business in Kendal District.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; Pemasaran syariah; Daya saing; Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM); Kerupuk petis udang; Industri rumahan |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 06 Nov 2021 03:52 |
Last Modified: | 06 Nov 2021 03:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13605 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year