Pengaruh label halal, kesadaran halal, dan perilaku religius terhadap keputusan pembelian pada produk Swiss House : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Puspamurti, Rahma Adella (2021) Pengaruh label halal, kesadaran halal, dan perilaku religius terhadap keputusan pembelian pada produk Swiss House : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026103_Rahma_Adella_Puspamurti] Text (Skripsi_1705026103_Rahma_Adella_Puspamurti)
Skripsi_1705026103_Rahma_Adella_Puspamurti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Produk roti dari Swiss House merupakan salah satu produk makanan yang sudah berlabel halal. Sebagaimana Islam mewajibkan umatnya untuk selalu mengkonsumsi segala sesuatu yang halal maka sudah seharusnya diimplementasikan dalam kehidupan nyata. Semakin berkembangnya zaman muncul sebuah istilah halal lifestyle, sebuah fenomena gaya hidup untuk memilih produk produk yang sudah bersertifikasi atau berlabel halal. Maka dari itu dalam penelitan ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh label halal, kesadaran halal, dan perilaku religius terhadap keputusan pembelian.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan kuantitatif, dengan model pengumpulan data kuisioner melalui google form. Dengan menggunakan 100 sampel mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo sebagai sampel penelitian ini. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan sekunder serta menggunakan SPSS versi 1.6 untuk menganalisis data.
Hasil penelitian ini menunjukan bawah Label Halal tidak ada pengaruh dan tidak signifikan pada Keputusan Pembelian (Y). Terbukti dengan nilai thitung pada variabel Label Halal (X1) adalah sebesar 1,226 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,223. Sedangkan Kesadaran halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena Kesadaran Halal (X2) nilai thitung adalah sebesar 2,753 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,007. Karena 2,753 > 1,984 dan 0,007 < 0,05. Begitu pula dengan variabel yang terakhir yaitu perilaku religius berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena nilai thitung adalah sebesar 3,734 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000. Karena 3,734 > 1,984 dan 0,000 < 0,05. Sehingga label halal, kesadaran halal dan perilaku religius berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Hal ini terbukti dengan hasil uji f yaitu Fhitung sebesar 24,169 dengan nilai Ftabel sebesar 2,70 yang artinya Fhitung lebih besar dari Ftabel dan dengan nilai signifikan sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Label halal; Kesadaran halal; Perilaku religius; Keputusan pembelian; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Nov 2021 04:06
Last Modified: 06 Nov 2021 04:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13609

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics