Analisis manajemen dan strategi pemasaran beras organik dalam meningkatkan omzet kelompok tani menurut perspektif ekonomi Islam : studi kasus Kelompok Tani Sumber Rejeki Kel. Purwosari, Kec. Mijen
Rofiah, Latifatur (2021) Analisis manajemen dan strategi pemasaran beras organik dalam meningkatkan omzet kelompok tani menurut perspektif ekonomi Islam : studi kasus Kelompok Tani Sumber Rejeki Kel. Purwosari, Kec. Mijen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1705026108_Latifatur_Rofiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Persaingan dunia bisnis semakin ketat, menuntut para pelaku usaha memiliki kelebihan khusus yang dapat menarik konsumen. strategi pemasaran merupakan langkah untuk mencapai kesuksesan, dengan strategi usaha dapat berjalan secara optimal dan mampu mengadapi persaingan dalam dunia bisnis. Peran manajemen pemasaran sangatlah penting karena dengan manajemen diharapkan kelompok tani dapat terus berkembang, bertahan lama dan omzet penjualan meningkat. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah analisis mengenai manajemen dan strategi pemasaran beras organik dalam meningkatkan omzet Kelompok Tani Sumber Rejeki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Sumber datanya meliputi data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen dan strategi pemasaran beras organik yang digunakan dalam meningkatkan omzet penjualan kelompok tani Sumber Rejeki adalah manajemen perencanaan yang berupa inovasi produk dan menargetkan adanya peningkatkan lahan disertai peningkatan jumlah anggota, pengorganisasiannya terdapat strukttur organisasi. pengarahannya berupa tidak boleh menggunakan bahan kimia, pengendaliannya berupa evaluasi kegiatan. Strategi pemasarannya adalah kualitas beras organik bagus, harga kompetitif, tempat penjualan berada ditengah desa, dan promosi menggunakan metode personal selling atau WOM (World Off Mouth), dan melalui media sosial. Pandangan ekonomi Islam terhadap manajemen dan strategi pemasaran beras organik pada kelompok tani Sumber Rejeki sudah sesuai dengan syariah Islam. Kelompok tani Sumber Rejeki dalam mengatur manajemen dan strategi pemasaran produk beras organik menggunakan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan serta menerapkan prinsip kejujuran (shiddiq) dan tidak mengandung unsur-unsur yang menyimpang seperti riba dan penipuan (tadlis).
ABSTRACT:
Competition in the business world is getting tougher today, demanding that business actors have special advantages that can attract consumers. Marketing strategy is a step to achieve success, with a business strategy that can run optimally and be able to face competition in the business world. Marketing management has a very important role because with management it is hoped that the Sumber Rejeki Farmer Group can continue to grow, last a long time and increase sales turnover. The focus of the problem to be achieved in this study is an analysis of the management and marketing strategy of organic rice in increasing the turnover of Sumber Rejeki farmer groups. In addition, researchers also want to know what factors can affect the sales turnover of these farmer groups. This study used a qualitative descriptive method with data collection using observation and interviews. The data sources include primary and secondary data.
The results of the research in the field show that the management and marketing strategy of organic rice in increasing the sales turnover of Sumber Rejeki farmer groups has been effective, but there is a need for improvements in the organizational management section, namely in the tertiary section, there is no bookkeeping regarding the sale of organic rice. The Islamic economic view of the management and marketing strategy of organic rice at Sumber Rejeki farmer groups is in accordance with Islamic sharia. The Sumber Rejeki farmer group regulates marketing efforts for organic rice products which are implemented using management functions, namely planning, organizing, implementing, controlling and supervising and applying the principle of honesty (shiddiq) and does not contain deviant elements such as usury and fraud (tadlis).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pemasaran; Strategi pemasaran; Beras organik; Omzet; Kelompok tani; Ekonomi Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 01:28 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 01:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13630 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year