Pemanfaatan media papan bimbingan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan pengetahuan reproduksi kelas IX SMPLB/C Widya Bhakti Semarang

Tyas, Aida Fadliyatun (2020) Pemanfaatan media papan bimbingan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan pengetahuan reproduksi kelas IX SMPLB/C Widya Bhakti Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403086054_AIDA FADLIYATUN TYAS] Text (SKRIPSI_1403086054_AIDA FADLIYATUN TYAS)
SKRIPSI_1403086054_AIDA FADLIYATUN TYAS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media papan bimbingan dan menganalisa pemanfaatan media papan bimbingan dalam pembelajaran IPA untuk anak tunagrahita ringan kelas IX SMPLB/C Widya Bhakti Semarang materi pengetahuan reproduksi mengenai masa pubertas. Metode penelitian yang digunakan adalah Mix Methods berupa Sequential Explanatory Design, Tahap pertama metode kuantitatif menggunakan Non Equivalent Control Group Design untuk mengetahui keefektifan media papan bimbingan dan mengukur peningkatan pengetahuan siswa. Tahap kedua metode kualitatif untuk memperkuat data kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPLB/C Widya Bhakti Semarang yang berjumlah 6 siswa. Data peningkatan pengetahuan dikumpulkan dengan menggunakan pretest dan postest sedangkan keefektifan media papan bimbingan menggunakan observasi aktifitas siswa. Uji validitas tes dianalisis menggunakan validitas empiris yang dihubungkan dengan kriteria menggunakan uji statistik teknik korelasi. Uji realibilitas tes dilakukan menggunakan Alpha Cronbach sedangkan uji hipotesis menggunakan Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan reproduksi siswa kelas IX dengan menggunakan media papan bimbingan dengan hasil uji hipotesis = 2 dengan tabel
pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 diperoleh = 0. Dari hasil tersebut disimpulkan > Hal ini berarti menunjukkan bahwa Ha dierima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa pemanfaatan media papan bimbingan dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan pengetahuan reproduksi kelas IX SMPLB/C Widya Bhakti Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Papan bimbingan; Pengetahuan reproduksi; Tunagrahita; IPA; Sekolah luar biasa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:27
Last Modified: 11 Nov 2021 06:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics