Konsep pendidikan akal dalam Al-Qur’an: studi QS. al-Ra’d: 19, QS. al-Baqarah: 164 dan QS. al-Maidah: 100

Umariyah, Tutik (2021) Konsep pendidikan akal dalam Al-Qur’an: studi QS. al-Ra’d: 19, QS. al-Baqarah: 164 dan QS. al-Maidah: 100. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403016166_Tutik Umariyah_full skripsi] Text (SKRIPSI_1403016166_Tutik Umariyah_full skripsi)
1403016166_Tutik Umariyah_full skripsi - umar al_faqr.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas konsep pendidikan akal yang terdapat di dalam QS. al-Ra’d: 19, QS. al-Baqarah: 164 dan QS. al-Ma’idah: 100. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh spirit untuk menemukan konsep pendidikan akal sebagaimana yang termaktub di dalam al-Qur’an. Selanjutnya, konsep ini akan mengarahkan akal ke arah yang positif dan menghindarkan yang negatif.
Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa makna akal dalam perspektif Islam? (2) Bagaimana konsep pendidikan akal dalam QS. al-Ra’d: 19, QS. al-Baqarah: 164 dan QS. al-Ma’idah: 100? Permasalahan tersebut dikaji menggunakan metode kepustakaan dengan mengumpulkan data dari bersumber kitab tafsir, serta buku-buku yang berkaitan dengan konsep pendidikan akal. Dari data tersebut, kemudian dilakukan suatu analisis.
Hasil kajian ini menunjukkan bahwa (1) Akal dalam perspektif Islam adalah alat yang dapat digunakan untuk berfikir. Dalam berfikir itu, akal memiliki fungsi dan peran sebagai alat yang dapat menjangkau, mengetahui, memahami, dan menyadari ilmu pengetahuan melalui tahapan-tahapan ilmiah, empiris, dan filosofis dengan berlandaskan al-Qur’an dan hadis untuk kemajuan kehidupan manusia di bumi. (2) Konsep Pendidikan akal dalam QS. Al-Ra’d: 19, QS. Al-Baqarah: 164 dan QS. Al-Maidah: 100, akal berfungsi untuk mencapai kebenaran yang hakiki dalam mengumpulkan ilmu pengetahuan (collecting the knowledge) berlandaskan tahapan ilmiah. Dengan itu, dapat digunakan untuk memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi (problem solving), mampu mendapatkan atau menghadirkan solusi, dan mencari jalan yang lebih efisien untuk memenuhi maksud-maksud yang hendak dicapai (looking for the way), baik dalam hal teologis, kosmologis, maupun etika dengan metode tafakkur, tadabbur, dan tazakkur. Sehingga melalui konsep tersebut, dapat terwujud akal yang sempurna sesuai ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akal; Konsep pendidikan akal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:48
Last Modified: 11 Nov 2021 03:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13639

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics