Pengembangan booklet keanekaragaman kupu-kupu di kawasan hutan lindung Gunung Prau Kabupaten Wonosobo sebagai sumber belajar biologi SMA/MA
Faradila, Desty Eko (2020) Pengembangan booklet keanekaragaman kupu-kupu di kawasan hutan lindung Gunung Prau Kabupaten Wonosobo sebagai sumber belajar biologi SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI_1503086028_DESTY EKO FARADILA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kawasan Hutan Lindung Gunung Prau Kabupaten Wonosobo mempunyai potensi lokal berupa keanekaragaman kupu-kupu yang belum dimanfaatkan dengan baik, terutama dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keanekaragaman Kupu-kupu di Kawasan Hutan Lindung Gunung Prau Kabupaten Wonosobo dan mengembangkan hasil identifikasi keanekaragaman Kupu-kupu menjadi sumber belajar biologi dalam bentuk booklet keanekaragaman Kupu-kupu berbasis potensi lokal. Penelitian ini dilakukan dua tahap, yang pertama yaitu penelitian keanekaragaman kupu-kupu di Kawasan Hutan Lindung Gunung Prau Kabupaten Wonosobo. Tahap kedua adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Model pengembangan yang dilakukan yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan dibatasi pada ADDE, tanpa implementasi. Produk yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, guru biologi dan siswa kelas X SMA NU Kejajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat keanekaragaman kupu-kupu di Kawasan Hutan Lindung Gunung Prau Kabupaten Wonosobo termasuk kategori sedang (H’ 2,13) dengan ditemukan sebanyak 13 spesies dari 10 genus dari 5 family yaitu Nymphalidae, Peridae, Lychanidae, Riodinidae, Papilionodae. Hasil tersebut berdasarkan analisis dengan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener. Hasil penelitian keanekaragaman kupu-kupu tersebut selanjutnya dikembangkan menjadi penelitian pengembangan. Adapun produk yang dihasilka berupa booklet keanekaragaman kupu-kupu menurut ahli materi, ahli media, guru biologi dan respon siswa. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, booklet yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar biologi SMA/MA pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sumber belajar; Media pembelajaran; Gunung Prau; Potensi lokal; Keanekaragaman; Kupu-kupu; Booklet |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 590 Animals (Zoological sciences) > 595 Arthropoda |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Agus Wayan Yulianto |
Date Deposited: | 13 Nov 2021 01:22 |
Last Modified: | 13 Nov 2021 01:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13648 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year