Pengembangan handout berbasis inkuiri terbimbing materi hereditas pada manusia kelas XII MA Uswatun Hasanah Semarang

Harsetityanto, Miftahkul Wahyu (2020) Pengembangan handout berbasis inkuiri terbimbing materi hereditas pada manusia kelas XII MA Uswatun Hasanah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503086032_MIFTAHKUL WAHYU HARSETIYANTO] Text (SKRIPSI_1503086032_MIFTAHKUL WAHYU HARSETIYANTO)
SKRIPSI_1503086032_MIFTAHKUL WAHYU HARSETIYANTO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya minat peserta didik terhadap mata pelajaran biologi. Peserta didik menganggap Mata pelajaran biologi terlalu banyak hafalan dan sulit untuk dipahami khususnya materi Hereditas Manusia. Bahan ajar yang digunakan pembelajaran antara lain Lembar Kerja Siswa (LKS), slide presentasi, buku paket yang dianjurkan sekolah. Beberapa siswa menggunakan kamus biologi sebagai penunjang proses pembelajaran. Metode yang sering oleh guru digunakan kepada peserta didik yaitu ceramah dan diskusi kelompok. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi pengembangan bahan ajar berupa Handout sebagai penunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Handout yang berbasis inkuiri terbimbing kelas XII SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D Model). Pengujian kelayakan produk terdapat beberapa ahli yaitu ahli materi dan ahli media yang menghasilkan persentase ahli materi 84% artinya sangat layak, sedangkan dari ahli media persentase nilai dari ahli media 72% artinya layak. Sedangkan uji lapangan peneliti menggunkan guru dan peserta didik dengan hasil persentase nilai dari guru biologi 84% artinya sangat layak dan persentase nilai dari peserta didik 85%. Berdaarkan persentase tersebut dapat dikatakan Handout berbasis inkuiri terbimbing materi hereditas manusia pada manusia kelas XII SMA/ MA sangat layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di MA Uswatun Hasanah Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Handout; Inkuiri terbimbing; Hereditas manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 11 Nov 2021 06:29
Last Modified: 11 Nov 2021 06:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13649

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics