Pengembangan media pembelajaran big book untuk meningkatkan kemampuan high order thinking skill siswa SMP Muhammadiyah 03 Karangpandan

Jamil, Aisyah Ummu (2020) Pengembangan media pembelajaran big book untuk meningkatkan kemampuan high order thinking skill siswa SMP Muhammadiyah 03 Karangpandan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503086053_AISYAH UMMU JAMIL] Text (SKRIPSI_1503086053_AISYAH UMMU JAMIL)
SKRIPSI_1503086053_AISYAH UMMU JAMIL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya budaya literasi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di Indonesia. Oleh karena itu dilaukan penelitian berupa Pengembangan Media Pembelajaran Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skill Siswa SMP Muhammadiyah 03 Karangpandan. Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan desain prototipe big book dan menguji kelayakan big book untuk digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE menurut Branch. Model ini menggunakan 5 tahap pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sample. Data yang diperoleh terdiri dari data observasi, angket uji ahli (validitas), angket tanggapan peserta didik dan data hasil pretest dan posttest uji kelompok besar. Hasil penilaian menunjukan bahwa media pembelajaran big book ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kelayakan tersebut berdasarkan pada penilaian kualitas big book oleh ahli materi mencapai persentase 84,48%, ahli media memperoleh persentase 83,30%, tanggapan guru mata pelajaran sebesar 87,50%, dan tanggapan peserta didik memperoleh nilai sebesar 84,61%. Tingkat keefektifan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan big book memperoleh persentase nilai 40% yang artinya kegiatan pembelajaran dengan menggunakan big book ini tidak efektif. Hasil uji normal gain atau uji peningkatan hasil belajar memperoleh nilai rata-rata 0,29 yang berarti peningkatan hasil belajar peserta didik masuk kriteria rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Big book; High order thinking skill
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:19
Last Modified: 13 Nov 2021 01:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13652

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics